Indahnya Pemandangan di Danau Labuan Cermin Kalimantan Timur

Posted on

Indahnya Pemandangan di Danau Labuan Cermin Kalimantan Timur – Tak hanya Danau Toba di Sumatera Utara atau Kelimutu di NTT, Kalimantan Timur juga memiliki danau yang cukup mendunia. Yakni Labuan Cermin. Dari namanya saja kita bisa menebak bagaimana panorama yang dihadirkannya. Memang danau cantik ini sesuai dengan namanya dimana air danau begitu jernih layaknya cermin. Banyak yang mengatakan bahwa Labuan Cermin merupakan salah satu danau paling indah di Indonesia. Anggapan tersebut sebenarnya tidak terlalu berlebihan.

Sebab panorama danau dengan air super jernihnya ini memang jarang dijumpai di tempat lain. Bahkan saking jernihnya, perahu yang berlayar pun seolah terlihat mengambang. Kekayaan alam yang dimiliki Kalimantan Timur memang begitu melimpah. Bagi yang senang berlibur di danau yang pemandangannya menarik, jangan lupa agendakan liburan kali ini ke Labuan Cermin. Bagi yang penasaran apa saja ulasan tempat dan hal menarik di sekitarnya, berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Wisata Danau Labuan Cermin Kalimantan Timur

1. Danau dua rasa yang unik

Danau Labuan Cermin memiliki karakteristik yang unik. Sebab air danaunya memiliki rasa asin dan tawar. Kedua jenis air ini tidak menyatu namun berada di satu tempat yang sama. Dengan fenomena alam ini, terdapat biota laut yang berbeda jenisnya di dalam satu tempat. Anda bisa mendapati ikan air tawar di bagian atas. Jika menyelam lebih dalam, biota khas perairan asin bisa anda jumpai.

2. Danau dengan air jernih

Selain memiliki paduan dua rasa air, anda bisa melihat betapa jernihnya danau. Air danau yang jernih membuat perahu yang berada diatas perairan terlihat seolah melayang. Dari air jernihnya ini, wisatawan bisa melihat kehidupan bawah air tanpa menyelam. Namun jika ingin snorkeling atau berenang pun diperbolehkan. Anda bisa berperahu menyusuri indahnya danau dengan air super jernih ini.

3. Fasilitas

Untuk penginapan di sekitar memang masih sangat minim. Namun anda bisa mendapati sarana untuk menyewa perlengkapan snorkeling. Selain itu anda harus hemat baterai ponsel. Sebab listrik hanya menyala di malam hari saja. anda bisa menempuh danau dengan jalur udara atau darat. Pastikan stamina benar-benar fit karena perjalanannya cukup jauh. Meskipun minim fasilitas, Danau Labuan Cermin tetap menarik. Andapun bisa menghabiskan liburan akhir tahun di daerah satu ini.

4. Lokasi dan rute

Danau Labuan Cermin berada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau-Kalimantan Timur. Anda bisa menempuh perjalanan dari pusat kota Samarinda dengan waktu tempuh 10 jam perjalanan. Penerbangan dari Kota Bontang menuju Labuan Cermin juga bisa kita coba. Memang secara posisi, lokasi danau jauh dari pusat kota. Namun tidak menyurutkan minat wisatawan sehingga danau cantik ini tetap menjadi primadona wisata banyak orang.

Demikian sejumlah ulasan mengenai Danau Labuan Cermin yang menarik menjadi destinasi wisata anda bersama keluarga. Semoga bermanfaat.