Indahnya Nuansa Tanah Lot di Pantai Balekambang Malang

Posted on

Indahnya Nuansa Tanah Lot di Pantai Balekambang Malang – Hampir semua orang sudah mengenal Pantai Tanah Lot yang ada di Bali. Ternyata pemandangan pantai dengan pura diatas karang yang khas tak hanya dimiliki Tanah Lot. Malang juga mempunyai pantai dengan pemandangan serupa yakni Pantai Balekambang. Siapa yang mengira dulunya pantai cantik ini jarang dikunjungi bahkan hampir terbengkalai karena dikelilingi pepohonan lebat. Namun pada tahun 1978, perangkat desanya mencoba membuka akses menuju area pantai.

Dan lima tahun berselang, pantai cantik ini diresmikan menjadi objek wisata oleh Bupati Malang waktu itu, Eddy Slamet. Ternyata tak hanya pemandangan ala Tanah Lot saja yang menakjubkan. Melainkan fasilitas, akses, hingga berbagai sarana yang mempermudah wisatawan sudah tersedia. Tak heran jika sekarang Tanah Lot-nya Malang ini semakin berkembang dan menjadi objek wisata andalan Kota Apel ini. Nah berikut ulasan lebih lanjut untuk berbagai hal menarik di Pantai Balekambang Malang.

Pantai Balekambang Malang

  1. Alamat dan rute

Pantai dengan pemandangan mempesona ini beralamat di Jalan Balekambang, Balaikambang, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang. Jika perjalanan dari pusat kota Malang, anda bisa mengaksesnya sejauh 60 km ke arah selatan. Jalanannya sudah beraspal mulus namun pengendara tetap wajib hati-hati sebab tanjakan dan kelokan tajam mendominasi perjalanan. Disepanjang perjalanan, anda akan disuguhi indahnya pemandangan hijau di sekeliling yang sangat memanjakan mata.

  1. Fasilitas dan tiket masuk

Pantai cantik ini sudah memiliki sejumlah fasilitas lengkap. Mulai dari toilet umum, spot kuliner, toko oleh-oleh, musholla, area perkemahan, pendopo, bungalow, sampai pusat informasi untuk mempermudah pengunjung selama liburan. Untuk masuknya sendiri, pengunjung mesti membayar tiket seharga 10 – 15 ribu rupiah per orang. Sementara jika ingin menjajal outbond, tiket masuknya seharga 20 ribu rupiah. Penginapan di sekitar areanya juga cukup terjangkau. Yakni kisaran 150-250 ribu rupiah per malamnya.

  1. Aktivitas menarik di Pantai Balekambang

Tak jauh dari pantai terdapat beberapa pulau bernama Pulau Anoman, Ismoyo, dan Wisanggeni. Semua pulau tersebut terhubung dengan jembatan. Berjalan-jalan di jembatan adalah ide menarik untuk dicoba. Anda pun bisa berfoto dengan latar pulau yang indah. Anda bisa berkemah dan bermain outbond di area khusus. Dengan membayar tiket 20 ribu rupiah, anda bisa mencoba sarana flying fox dengan latar belakang pemandangan pantai. Wisata religi seperti ziarah makam hingga menyambangi pura di atas pulau karang juga bisa kita lakukan di pantai cantik ini.

  1. Pemandangan karang khas Tanah Lot

Sekilas ketika melihat pemandangan Pantai Balekambang, kita akan langsung teringat dengan Pantai Tanah Lot di Bali. Pulau karang dengan pura diatasnya memang sangat identik dengan Tanah Lot. Hal inilah yang membuat pantai satu ini terkenal. Pemandangan pulau karangnya semakin memukau dengan ombak yang cukup besar. Pantai berkarang ini juga cukup luas, rapi dan bersih. Udaranya yang sejuk makin menambah kenyamanan selama liburan di pantai cantik ini.

Itu dia berbagai hal menarik yang ada di Pantai Balekambang dan bisa menambah referensi tempat liburan anda. Semoga bermanfaat.