Indahnya Curug Ciherang Bogor

Posted on

Indahnya Curug Ciherang Bogor. Air terjun merupakan obyek wisata alam yang lazim ditemui pada tempat yang berada di perbukitan atau pegunungan. Oleh karena itu, tidak heran jika Bogor memiliki beragam obyek wisata alam berupa air terjun.  Yak, memang lokasi Bogor berada di dataran tinggi.

Di Bogor sendiri, banyak sekali terdapat air terjun. Namun, air terjun yang oleh masyarakat Bogor disebut dengan istilah Curug ini belum semuanya terekspos. Banyak hal yang menyebabkan potensi wisata air terjun ini belum terekspos. Salah satu alasannya adalah lokasinya yang sulit dijangkau.

Salah satu wisata air terjun yang telah diekspos adalah Curug Ciherang Bogor. Bagaimana keindahannya? Berikut artikel singkatnya dari masbei.com.

Sejuknya Udara di Curug Ciherang Bogor

curug ciherang bogor
instagram.com/ferza_zaza

Sudah hampir dapat dipastikan jika kita mengungjungi tempat wisata berupa air terjun, maka yang kita rasakan adalah udara yang sejuk. Begitu juga jika teman – teman mengunjungi Curug Ciherang Bogor ini. Teman – teman akan disambut oleh sejuknya udara khas air terjun di pegunungan. Selain itu, gemuruh air yang membentur bebatuan juga membuat suasana menjadi begitu syahdu.

Air yang membentur bebatuan ini menghasilkan sebuah kolam. Nah, di kolam ini, teman – teman dapat bermain air sepuasnya. Tapi, perlu diingat, air di sini jernih namun dinginnya cukup menusuk tulang. Jadi, bagi teman – teman yang memiliki masalah dengan hawa dingin, sebaiknya menahan diri untuk tidak bermain air. Ya, daripada liburan niatnya bersenang – senang malaah jadi sakit, hehehe.

Di kawasan lokasi Curug Ciherang Bogor ini, lingkungannya masih sangat asri. Dapat kita temui dengan mudah pepohonan yang cukup besar berdiri kokoh disini. Oleh karena itu, tidak heran jika suasananya sangat hijau dan asri.

Bagi teman – teman yang gemar berfoto, jangan khawatir. Di lokasi Curug Ciherang Bogor ini juga tersedia spot – spot berfoto yang sangat menarik. Berfoto dengan latar belakang air terjun dan pepohonan yang hijau tentunya dapat menambah daya tarik foto kalian.

baca juga : Rute dan Alamat Lokasi Wisata Pabangbon Bogor

Rumah Pohon dan Jembatan Gantung Curug Ciherang Bogor

curug ciherang
instagram.com/gocep868

Selain pemandangan alam, pengeloal juga menyediakan spot berfoto lainnya. Spot berfoto yang banyak diburu oleh pengunjung adalah rumah pohon. Yak, rumah pohon ini terbuat dari papan kayu yang disusun menjadi rumah. Rumah pohon Curug Ciherang ini, dibangun di atas sebuah pohon yang ukurannya relatif besar. Untuk menaikinya, terdapat tangga yang juga terbuat dari kayu.

Dengan bentuk rumah pohon yang unik ini, tentunya foto teman – teman manjadi lebih menarik. Memang rumah pohon saat ini sudah banyak ditemui di tempat – tempat wisata sejenis. Namun, pastinya setiap rumah pohon memiliki ciri khas masing – masing. Jadi, jika berkunjung ke Curug CIherang Bogor ini, jangan lewatkan untuk berfoto di rumah pohon ini.

Selain rumah pohon, terdapat juga jembatan gantung yang juga sangat menarik sebagai tempat berfoto. Jembatan ini merupakan penghubung menuju ke rumah pohon. Memang rumah pohon yang ada di Curug Ciherang ini berada di tepian jurang. Oleh karena itu, dibuatlah jembatan kayu ini agar pengunjung dapat menju ke rumah pohon tersebut. Dari jembatan ini, kita juga bisa menikmati keindahan alam yang ada di sekitar lokasi Curug Ciherang Bogor ini.

Walaupun material penyusun rumah pohon dan jembatan gantung adalah kayu, namun faktor keselamatan tetap diperhatikan oleh pengelola. Jadi tidak perlu was- was, Insya Allah aman bagi pengunjung.

baca juga : Villa Khayangan Sukamakmur Jonggol, Wisata Alam Indah di Bogor

Fasilitas di Curug Ciherang Bogor

rumah pohon curug ciherang
instagram.com/anakkukiran

Untuk menambah kenyamanan para pengunjungnya, Curug Ciherang juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Kamar mandi dan sarana ibadah bagi teman – teman muslim sudah tersedia disini. Oleh karena itu, tidak perlu khawatir kebingungan untuk mencari tempat ganti pakaian setelah main air disini.

Selain itu, di lokasi Curug Ciherang Bogor ini juga sudah tersedia penjaja aneka makanan dan pakaian. Jadi tidak perlu khawatir kelaparan atau kedinginan karena kehabisan baju kering. Namun yang perlu diingat adalah, setelah melahap makanan / snack / minuman, jangan buang sampah sembarangan. Mari kita mulai menumbuhkan rasa memiliki dan cinta alam.

Oh iya bagi yang hobi kemping, disini teman – teman juga dapat menginap dengan menggunakan tenda alias berkemah. Teman – teman dapat membawa sendiri tenda atau menyewa di lokasi Curug Ciherang Bogor ini. Namun demikian, bagi yang ingin menginap namun tidak menggunakan tenda, tersedia beberapa penginapan yang dapat disewa dengan harga mulai ratusan ribu hingga 1,5 jutaan. Harga tersebut pada saat artikel ini dibuat, harga dapat berubah sewaktu – waktu sesuai dengan kebijakan pengelola.

baca juga : Berwisata Alam Yang Hemat ke Ranggon Hills Gunung Salak Bogor

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Curug Ciherang

curug ciherang
instagram.com/teguh_budiyanto23

Bagi teman – teman yang berminat untuk berkunjung ke tempat wisata alam yang indah ini, kalian dapat datang sesuai dengan jam operasi Curug Ciherang Bogor. Setiap harinya kecuali hari Kamis, tempat wisata ini dibuka mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Sedangkan hari Kamis tutup.

Untuk memasuki tempat wisata ini, setiap pengunjung akan dikenakan tiket masuk. Adapun harga tiket masuk Curug Ciherang adalah Rp. 20.000,- untuk setiap pengunjung. Sedangkan untuk tarif parkirnya adalah Rp. 5.000,- untuk sepeda motor.

baca juga : Naik KRL ke Taman Topi dan Kebun Raya Bogor

Lokasi Curug Ciherang Bogor

Curug Ciherang berada di Sirnajaya, Sukamakmur, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830. Aksesnya cukup mudah untuk dilalui, bahkan tidak jarang pesepeda yang bersepeda menuju lokasi Curug Ciherang Bogor ini.

Adapun rute menuju Curug Ciherang Bogor yang dapat ditempuh antara lain :

Sentul City – Jungleland – Jl. Perkampungan Ke Arah Curug Kencana – Simpang Tiga Gunung Pancar Lurus (bukan ke arah gunung pancar)- Sampai di Curug Leuwi Hejo dan Curug Kencana – Lurus terus ada simpang tiga Curug Kembar/Loji lalu Ke kiri (bukan ke arah curug kembar) – Simpang tiga menuju jonggol ke kanan – Pasar di wilayah perbatasan Jonggol ke kanan – CURUG CIHERANG.

Bagi teman – teman yang berangkat dari arah lain dapat mengikuti koordinat GPS Curug Ciherang berikut ini.

 

baca juga Berburu Foto di Wisata Bukit Bintang Bogor Yang Sejuk dan Asri

Nah, itulah sekilas mengenai salah satu tempat wisata alam di Bogor, Curug Ciherang. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkenan meluangkan waktunya untuk berunjung ke masbei.com, salam Indonesia.