Indahnya Hutan Mangrove Pantai Congot Kulon Progo

Posted on

Indahnya Hutan Mangrove Pantai Congot Kulon Progo. Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten yang ada di sisi Baray Daerah Istimewa Yogyakarta. Dulu, kabupaten ini tidak terlalu dikenal sebagai tujuan wisata di Jogja. Kebanyakan wisatawan dahulu terkonsentrasi di tempat – tempat wisata yang ada di Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, dan juga Kabupaten Bantul.

Namun saat ini, Kulon Progo sudah mulai menggali potensi wisatanya sehingga menjadi salah satu tujuan wisatawan saat berkunjung ke Jogja. Ada berbagai tempat wisata di Kulon Progo yang saat ini sudah dikenal oleh masyarakat luas. Sebut saja Wisata Alam Kalibiru, Air Terjun Kedung Pedut, dan juga Hutan Mangrove Pantai Congot.

Pada artikel kali ini, masbei.com akan membahas sekilas mengenai keunikan dan keindahan Hutan Mangrove Pantai Congot. Langsung saja, berikut artikelnya.

Hutan Mangrove Pantai Congot Kulon Progo yang Mempesona

hutan mangrove pantai congot
instagram.com/putut_priambodo

Tanaman mangrove atau bakau merupakan tanaman yang banyak ditemui di kawasan perairan payau. Tidak heran jika pada kawasan muara sungai banyak ditemui vegetasi bakau ini.

Begitu pula dengan Pantai Congot yang berada di Kulon Progo ini. Pantai Congot merupakan muara sungai Bogowonto. Oleh karena itu, tidak heran jika di kawasan pantai ini terdapat hutan Mangrove yang tumbuh subur. Ya, walaupun sebenarnya hutan Mangrove ini lebih tepatnya berada di Pantai Pasir Kadilangu yang berada seberang / sebelah barat dari Pantai Congot. Namun karena dapat diakses dari Pantai Congot, banyak yang menyebutnya dengan sebutan Hutan Mangrove Pantai Congot.

Hutan Mangrove ini secara alami merupakan penjaga agar daratan tidak terkikis oleh gelombang air / abrasi. Perakaran tanaman bakau ini memang sudah dikenal sebagai ‘pagar’ alami dari abrasi. Disisi lain, kumpulan tanaman bakau ini jika ditata dengan baik dapat menjadi tempat wisata yang indah.

artikel menarik lainnya :

Inilah Tempat – Tempat Wisata yang Menarik di Jogja

Pesona Hutan Mangrove Congot / Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu

Hutan Mangrove yang ada di Pantai Congot ini sudah ditata sedemikian rupa sehingga menarik untuk dikunjungi. Tempat ini sangat cocok bagi teman – teman yang gemar untuk berfoto. Di kawasan hutan ini terdapat berbagai spot berfoto yang aduhai.

Ada beragam bangunan yang memang ditujukan untuk menarik minat pengunjung untuk berfoto. Bangunan – bangunan ini mayoritas dibuat dengan bahan baku bambu. Ada dermaga, jembatan, dan juga spot – spot lain yang unik dan menarik untuk berfoto disini.

Untuk dapat memasuki kawasan Hutan Mangrove Kulon Progo ini, kita dapat melalui Pantai Pasir Kadilangu dan juga Pantai Congot. Jika masuk dari Pantai Pasir Kadilangu, kita hanya melewati jalan darat. Namun, jika kita masuk melalui Pantai Congot, kita harus menggunakan perahu untuk menyeberangi muara sungai Bogowonto.

Ada beberapa kapal nelayan yang disewakan untuk mengantar pengunjung dari Pantai Congot menuju ke Hutan Mangrove Congot / Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu. Kapal – kapal ini rata – rata dapat menampung 12 orang dewasa. Untuk biaya sewanya jangan khawatir, cukup terjangkau kok. Setiap penumpang hanya dikenakan tarif Rp. 10.000,-. Kemarin saat Masbei berkunjung kesini dikenakan tarif sewa kapal Rp. 110.000,- untuk rombongan 11 orang dewasa dan 3 anak – anak. Cukup terjangkau bukan?

Kapal – kapal ini akan mengantarkan kita menuju ke dermaga Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu. Sesampainya di dermaga, kita dapat turun untuk berfoto – foto di spot – spot menarik yang ada di kawasan hutan ini.

hutan mangrove pantai pasir kadilangu
Perahu yang disewakan untuk pengunjung
hutan mangrove congot kulon progo
Hutan Mangrove dari atas kapal
hutan mangrove kulonprogo
Aneka spot berfoto yang menarik ada disini
pantai pasir kadilangu
Dermaga Hutan Mangrove Kadilangu

Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu

Untuk dapat menikmati fasilitas yang ada di kawasan Hutan Mangrove Pantai Congot ini, tentunya para pengunjung akan dikenakan retribusi. Jangan khawatir, harga tikett Hutan Mangrove Pantai Congot inii sangat terjangkau kok, hanya Rp. 3.000,-. Retribusi ini digunakan untuk perawatan kawasan wisata alam ini.

Untuk teman – teman yang masuk melalui Pantai Congot, pada TPR akan dikenakan retribusi masuk Pantai Congot sebesar Rp. 5.000,- untuk setiap pengunjung. Bagi yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan tarif parkir RP 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp. 5.000,- untuk mobil.

Lokasi Hutan Mangrove Pantai Congot Kulon Progo

Akses menuju lokasi Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu ini sangatlah mudah dan bagus. Lokasinya dekat dengan Jalan Daendels Pantai Selatan.

Untuk menuju kawasan Hutan Mangrove ini, teman – teman tinggal menuju ke jalan Wates – Purworejo. Kemudian tinggal ikuti petunjuk ke arah Pantai Congot. Untuk lebih mudahnya, teman – teman dapat ikuti rute menuju Hutan Mangrove Congot yang diambil dari Google Maps berikut ini.

 

Saya rasa cukup sekian artikel singkat mengenai Hutan Mangrove Pantai Congot atau Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu ini. Semoga artikel singkat dari masbei.com ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi teman – teman yang berencana berlibur kesini. Terima kasih telah berkunjung ke masbei.com, salam Indonesia.