Melepas Penat Sejenak di Hutan Kertas Karawang

Posted on

Melepas Penat Sejenak di Hutan Kertas Karawang. Karawang merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang terletak di garis Pantai Utara Pulau Jawa. Tentunya dengan lokasi yang berada di kawasan pantai tersebut membuat Karawang memiliki wisata pantai seperti Pantai Sedari. Namun, disamping wisata pantai, ternyata Karawang juga memiliki tempat wisata alam berupa hutan. Hutan apakah itu? Berikut artikel singkatnya dari masbei.com.

Tanaman Kalitus di Hutan Kertas Karawang

hutan kertas karawang
instagram.com/firdaushoerulb

Hutan Kertas Karawang ini pada dasarnya hutan buatan. Jadi tanaman yang ada disini merupakan hasil penanaman oleh manusia. Oleh karena itu, tidak heran jika tamanan yang ada di hutan ini tumbuh lurus dan teratur.

Adapun tanaman yang ditanam di hutan ini adalah pohon Kalitus atau juga disebut dengan nama Eukaliptus. Tanaman ini merupakan tanaman yang banyak ditemui di Australia dan juga Indonesia. Pohon ini tidak begitu tahan dengan cuaca yang dingin. Oleh karena itu, tidak salah jika di Hutan Kertas Karawang ini, pohon Kalitus tumbuh dengan baik. Ya, memang Karawang dikenal sebagai daerah yang cukup panas cuacanya.

Pohon Kalitus yang ada di Hutan Kertas Karawang ini merupakan hasil penanaman yang dilakukan oleh PT Pindo Deli mulai dari tahun 2004 silam. PT Pindo Deli sendiri merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri pembuatan kertas.

Tujuan PT Pindo Deli ini menanam pohon Kalitus ini adalah untuk menambah bahan baku pembuatan kertas. Seperti kita ketahui bahwa kertas memang dibuat dari pulp yang berasal dari batang pohon. Oleh karena itu, saat ini hutan tersebut dijuluki dengan nama Hutan Kertas Karawang, karena memang ditanam dengan tujuan untuk diolah menjadi kertas.

Pohon Kalitus sendiri dapat dimanfaatkan daun maupun batangnya. Daun tanaman Kalitus ini dapat disuling untuk diambil minyak Atsirinya. Sedangkan batang pohonnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan meubeler dan tentunya juga sebagai bahan baku pembuatan kertas.

baca juga : Pengalaman Berkunjung ke Keraton Kasepuhan Cirebon

Berwisata di Hutan Kertas Karawang

hutan kertas gintung
instagram.com/riskaamelialia

Pada awalnya, Hutan Kertas Karawang merupakan hutan produksi. Namun seiring berjalannya waktu, lokasi hutan ini banyak digunakan untuk berfoto bahkan foto prewedding. Lambat laun hutan ini banyak dikunjungi oleh para pengunjung untuk berwisata.

Saat ini, tempat wisata ini sudah mulai dikelola sebagai tempat wisata yang dibuka untuk umum. Sudah mulai disediakan beberapa spot berfoto di tempat ini. Ada sebuah photo booth yang membentuk frame khas yang ada di aplikasi jejaring sosial Instagram.

Selain itu, dipasang juga deretan payung yang digantung di antara pepohonan. Payung – payung ini membentuk semacam koridor yang cantik dan menarik untuk berfoto. Selain itu, disediakan juga ayunan kain atau yang juga dikenal dengan nama hammock. Hammock ini dapat dengan mudah dipasangkan pada batang pohon Kalitus karena memang tanamannya tumbuh teratur.

Namun demikian, nampaknya tempat wisata ini masih perlu pembenahan dan penambahan fasilitas pendukung. Saat tulisan ini dibuat, belum terdapat toilet yang merupakan sarana pokok pada tempat wisata. Selain itu juga belum terdapat penjual makanan yang tentunya membuat pengunjung harus membawa bekal sebelum berkunjung ke tempat wisata ini. Ya, harap dimaklumi karena hutan ini pada dasarnya merupakan hutan produksi dan pemiliknya tidak bergerak pada industri pariwisata. Semoga tempat wisata ini dibenahi dengan lebih baik sehingga pengunjung nyaman untuk berada dihutan ini.

hutan kertas karawang
instagram.com/firdaushoerulb

baca juga :Lokasi dan Rute Menuju Tebing Breksi Jogja

Harga Tiket Masuk Hutan Kertas Karawang

wisata karawang
instagram.com/nofri_mayantoko

Untuk memasuki lokasi Hutan Kertas ini, setiap pengunjung akan dikenakan tiket masuk. Harga tiket masuk Hutan Kertas Karawang ini cukup terjangkau. Setiap pengunjung hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5.000,- saja.

Lokasi Hutan Kertas Karawang

Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini berada di Kabuaten Karawang. Adapun alamat lengkapnya adalah Kutamekar, Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41363.

Untuk mencapai lokasi hutan ini cukup mudah. Memang lokasinya tidak jauh dari Gerbang Tol Karawang Timur 2. Bahkan suara kendaraan yang lewat Tol Jakarta – Cikampek masih dapat terdengan dari Hutan Kertas ini. Adapun koordinat GPS tempat wisata ini dapat dilihat pada peta berikut ini .

baca juga : Wisata Murah Meriah di Kota Tua Jakarta

Saya rasa cukup sekian artikel singat mengenai Hutan Kertas Karawang dari masbei.com. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke masbei.com, salam Indonesia.