Eksotisme Pantai Sawarna, Tempat Wisata Indah di Banten

Posted on

Sudah menjadi rutinitas setiap orang ketika musim liburan datang menjadi waktu untuk berlibur dan berpergian bersama keluarga dan kerabat dekat. Banyak tempat wisata yang menjadi pilihan masyarakat untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Salah satu tempat yang dapat anda masukkan dalam agenda tempat yang harus anda kunjungi adalah pantai Sawarna banten.

Pantai yang masuk dalam lima besar pantai terindah di Banten ini terletak di Kampung Gendol, Desa Sawarna, kecamatan Bayah, Lebak, Banten. Keindahan alam dengan panoramanya yang indah tersembunyi memandang Samudra Hindia. Juga pemandangannya yang masih asri dan air laut yang masih jernih belum tercemar. Tentunya hal ini benar-benar mampu memanjakan mata anda dan merilekskan pikiran anda dari rutinitas yang menjemukan.

pantai sawarna lebak banten
Pantai Sawarna Lebak Banten memiliki keindahan yang sangat mengagumkan

Pesona Keindahan Pantai Sawarna Banten

Selain mampu memanjakan mata anda dengan keindahan pantainya, di pantai sawarna Banten ini bagi anda yang mempunyai hobi surfing atau berselancar pantai ini juga menawarkan arus ombak yang sangat cocok untuk menguji adrenalin anda dan sangat cocok bagi anda untuk mengobati hobi anda tersebut. Namun, jika anda tidak terlalu menyukai selancar atau tidak berani untuk berselancar akan tetapi menyukai keindahan dasar laut anda dapat mencoba snorkeling untuk bercengkerama dengan deretan ikan hias dan terumbu karangnya yang juga sangat mempesona.

Oleh karena itu, sayang jika teman – teman berlibur di tempat ini tanpa mendokumentasikannya dengan kamera teman – teman. Terlebih lagi jika menggunakan kamera tahan air, teman – teman dapat memotret keindahan dalam air sembari bersnorkeling ria. Selain keindahan pantainya yang menawan, di sekitar pantai Sawarna anda juga dapat berwisata Gua. Ada banyak gua yang dapat anda kunjungi seperti gua Goa Lalay, Goa Sikadir, Goa Cimaul, Goa Singalong, dan Bukit Pasir Tangkil. Goa – goa ini merupakan gua karst yang terbentuk dari masa Miosen awal

pantai sawarna sukabumi
Deretan tebing yang kokoh menambah keindahan pemandangan yang disajikan oleh pantai sawarna banten ini

Selain memanjakan mata dan pikiran anda, anda juga dapat memanjakan lidah anda di pantai ini. Banyak masyarakat sekitar pantai yang selain berprofesi sebagai nelayan juga merangkap sebagai penjual makanan di sekitar pantai. Di tempat ini anda dapat membeli ikan teri halus hasil tangkapan langsung para nelayan dengan harga yang sangat murah. Harga ikan teri di sini hanya Rp. 5.000 per kg untuk dijadikan oleh-oleh.

Jika anda ingin merasakan makanan olahan khas Pantai Sawarna, anda dapat mencoba pepes ikan teri ataupun goreng tepung ikan teri yang banyak disediakan di warung-warung makan di sekitar pantai. Selain makanan anda juga dapat membeli berbagai kerajinan tangan asli Desa sawarna seperti gitar dan biola dengan harga yang relatif murah.

Lokasi Pantai Sawarna Banten

Tertarik berkunjung ke pantai ini? Seperti yang telah di tulis pada awal artikel ini bahwa lokasi pantai Sawarna berada di Kampung Gendol, Desa Sawarna, kecamatan Bayah, Lebak, Banten. Untuk menuju ke lokasi pantai ini, teman-teman dapat mengikuti koordinat GPS yang saya ambil dari Google Maps berikut ini

Nah, bagaimana? Indonesia itu indah kan? sebenarnya masih sangat banyak tempat indah yang ada di Negara Indonesia tercinta ini, hanya saja belum terkelola sehingga tidak banyak orang yang tau tentang potensi keindahannya. Saya rasa cukup sekian dahulu artikel singkat dari saya mengenai Pantai Sawarna Lebak Banten. Jika ada kesalahan atau kata – kata yang kurang berkenan saya mohon maaf. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih dan salam Indonesia.