Wisata ke Danau Dua Rasa Danau Labuan Cermin yang Indah

Posted on

Wisata ke Danau Dua Rasa Labuan Cermin yang indahBerlibur ke danau dengan air jernih adalah ide terbaik untuk menikmati momen liburan saat ini. Danau Labuan Cermin adalah salah satu destinasi terbaik untuk disambangi. Seperti namanya, danau satu ini memiliki air yang sangat jernih bahkan saking jernihnya wisatawan seakan sedang bercermin di permukaan danau. Wisata ke danau satu ini akan memberikan pengalaman tersendiri khususnya bagi anda yang senang menjelajah tempat-tempat baru. Lokasinya di area Kalimantan dengan akses yang cukup berat.

Meskipun demikian, penatnya selama menempuh perjalanan seketika luruh ketika mendapati pemandangan danau yang memukau. Danau satu ini juga disebut sebagai danau dua rasa dimana terdapat air tawar dan air asin yang berada dalam satu kawasan. Uniknya lagi dua air tersebut tidak bercampur sehingga menghasilkan habitat yang menarik. Bagi yang penasaran apa saja yang ada di kawasan Danau Labuan Cermin, berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

Wisata Danau Labuan Cermin

Air yang sangat jernih

danau labuan cermin
Air danau yang begitu jernih

Danau cantik ini memiliki pemandangan air yang sangat jernih. saking jernihnya anda akan serasa bercermin ketika melihat permukaan danau. Bahkan perahu yang mengapung di perairan akan terlihat seperti melayang berkat kondisi airnya yang sangat jernih. Danau cantik ini memiliki pemandangan hutan yang sangat asri. Kawasannya sangat sejuk dan mampu memberikan ketenangan tersendiri ketika menjejakan kaki di kawasan tersebut. Anda bisa melihat aktivitas biota bawah air dari permukaan secara leluasa diatas perahu.

baca juga : Berlibur Ke Danau Kaolin Bangka Belitung yang Biru

Danau dua rasa Labuan Cermin

danau dua rasa
Danau ini memiliki air asin dan juga air tawar

Dinamakan danau dua rasa karena Labuan Cermin memiliki air asin di bagian bawah dan air tawar di atasnya. Uniknya lagi kedua air tersebut tidak tercampur sehingga dinamakanlah danau dua rasa. Hal ini membuat jenis biota airnya menjadi berbeda dan beragam. Anda bisa mendapati biota air tawar diatas danau dan biota air laut ketika menyelam ke bagian lebih dalam. Wisatawan bisa berenang dan snorkeling serta menyewa perahu untuk menikmati pemandangan secara lebih leluasa.

baca juga : Nikmati Indahnya Panorama Alam Bogor di Wisata Leuwiliang

Lokasi Danau Labuan Cermin

danau labuan cermin
Tempat indah ini merupakan salah satu kekayaan Kalimantan Timur

Danau Labuan Cermin berada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Jika anda menempuh dari Samarinda, maka diperlukan waktu 10 jam. Atau jika dari pusat kota Bontang, waktu perjalanan hanya 8 jam. Dari Bandara Berau pun anda bisa mengakses kawasan danau dengan jarak 531 km. Meskipun jauh namun pemandangan memukau sudah cukup melepas penat selama perjalanan.

baca juga : Pantai Turki Kalimantan Selatan yang Mempesona

Tips liburan ke Danau Labuan Cermin

danau dua rasa labuan cermin
Untuk menikmati keindahan danau indah ini, diperlukan stamina yang prima

Karena ditempuh melalui jalur udara dan darat maka perjalanan memerlukan waktu cukup lama. Oleh sebab itu stamina prima sangat diperlukan. Karena listrik hanya nyala pada malam hari, anda mesti berhemat baterai smartphone karena minimnya sumber listrik. Selain itu, wisatawan juga mesti membawa perlengkapan menyelam dan snorkeling karena belum adanya spot untuk menyewa perlengkapan.

baca juga : Pule Payung, Wisata Alam Indah Ala Kalibiru Jogja

Nah itu dia referensi wisata Danau Labuan Cermin yang bisa menjadi pilihan menarik liburan anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke masbei.com, salam Indonesia.