Atraksi Debus, Tradisi Mengerikan Dari Banten

Posted on
Indonesia merupakan negara yang sangat majemuk karena memiliki begitu banyak Suku Bangsa yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Dengan Suku Bangsa yang beragam tersebut, maka Indonesia juga memiliki beraneka ragam seni dan budaya. Keanekaragaman seni budaya dan tradisi yang telah tersebar di Indonesia menjadikan para masyarakat selalu ingin melestarikan tradisi tersebut agar bisa selalu terjaga. Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki banyak keanekaragaman seni budaya dan tradisi. Tentu adanya sebuah tradisi dan budaya tersebut membuat masyarakat akan memiliki ciri khas tersendiri.
Salah satu tradisi yang ada di Indonesia dan sangat terkenal hingga sekarang adalah Debus. Debus adalah suatu tradisi yang telah ada di Banten sejak dahulu. Salah satu tradisi yang ada di kabupaten Banten ini telah menjadi salah satu tradisi yang paling menawan dan unik Indonesia. Keunikan yang ada di suatu tradisi dari Banten ini terletak dari berbagai macam hal yang dilakukan sangat mengerikan serta menakutkan bagi sebagian orang.

Debus, atraksi kebal senjata khas Banten

Kesenian tradisional yang berasal dari Jawa Barat yang dikenal dengan sebutan Debus Banten ini akan melakukan aksi dan pertunjukan yang  tidak bisa dipikirkan dengan akal sehat. Jika anda melihat kesenian Debus Banten ini, maka anda akan melihat atraksi kekebalan dari tubuh manusia terhadap berbagai macam siksaan benda tajam, benda keras, bara api, dan barang- barang lain yang tidak lazim. Atraksi tersebut dilakukan dengan cara pelaku debus yang menunjukkan kekebalan tubuhnya terhadap beraneka ragam senjata tajam yang di pukulkan, ditusukkan, dsb ke badannya. Seringkali para orang yang melakukan atraksi Debus Banten ini akan mengatakan jika dirinya sebenarnya tidak terkena  benda-benda tajam dan mengerikan tersebut dan tidak merasakan kesakitan.
Setiap tradisi pasti akan memiliki seluk beluk tersendiri, sama seperti halnya tradisi yang ada di Banten ini. Nama Debus yang diambil dari bahasa arab yang memiliki arti atau makna sejenis senjata dengan ujung yang runcing. Nah, senjata seperti inilah yang lazim digunakan pada setiap atraksi Debus. Pada atraksi Debus, akan terdapat atraksi dimana pelaku debus ditusuk dengan besi runcing sepanjang 50 hingga 60 cm dengan cara seperti dipaku (ujung runcing ditahan dengan badan pelaku Debus, sedangkan pangkalnya akan dipukul dengan palu). Setelah “dipaku” pelaku Debus akan menunjukkan bahwa tubuhnya tidak terluka sedikitpun setelah atraksi tersebut.
atraksi debus
Salah satu atraksi para pelaku / pemain debus, kebal diiris dengan golok

Sisi Religius Atraksi Debus

Tradisi Debus Banten tidak hanya menunjukkan atraksi yang menakjubkan dan tidak masuk akal, namun ternyata atraksi ini juga memiliki sisi lain yaitu sisi religius. Tradisi ini berkaitan dengan upacara yang memiliki kaitan erat dengan nilai keagamaan. Pada dasarnya masyarakat Banten sering mengkaitkan jika upacara atau atraksi Debus memiliki unsur keagamaan yang telah berpadu dengan unsur kesenian. Selain itu, ada beberapa unsur yang harus dipenuhi saat ingin menunjukkan atraksi permainan Debus ini.
Hal pertama yang harus di siapkan yang pasti adaah  pemain yang akan menampilkan berbagai macam atraksi yang membuat penonton tercengang dan tidak bisa berpikir secara logis. Selain para pemain, Debus juga memerlukan alat musik untuk mengiringi pertunjukan dari permainan Debus tersebut, iringan musik tersebut sudah dipandu dengan pemimpin Debus yang biasa disebut dengan syeh, selain pemain yang menyajikan berbagai atraksi ada beberapa orang yang ditugaskan untuk berdzikir agar permainan tersebut bisa berjalan dengan baik.
atraksi debus
Pemain debus memperagakan atraksi kebal api
Berbagai macam pertunjukan tradisi yang ada di nusantara sebenarnya memiliki suatu arti yang bermakna dengan suatu nilai-nilai yang juga bermakna bagi kehidupan di suatu wilayah. Banyak kesenian dan tradisi di Indonesia yang memiliki makna dan tujuan tersendiri, mulai dari tradisi untuk upacara adat hingga penyambutan tamu agung. Banyaknya tradisi ini tentunya menjadi kewajiban kita kaum muda untuk memelihara agar tidak hilang. Seperti kita ketahui bahwa budaya dari luar negeri sekarang ini sudah menjajah negara kita, padahal budaya tersebut belum tentu sesuai dengan karakter kita sebagai Bangsa Indonesia yang terkenal dengan tradisi ketimurannya.
atraksi debus
Lazimnya, mengupas sabut kelapa dilakukan dengan alat, namun para pemain debus melakukannya dengan gigi
Demikian artikel kami mengenai Debus, atraksi tradisi mengerikan dari Banten. Semoga dapat bermanfaat dan terima
kasih.