Berlibur Ke Danau Kaolin Bangka Belitung yang Biru

Posted on

Berlibur Ke Danau Kaolin Bangka Belitung yang Biru Area bekas penambangan tak selamanya menjadi kawasan yang menyedihkan. Seperti halnya Tebing Breksi yang ada di Jogja yang saat ini menjadi salah satu tujuan wisata hits. Begitupula dengan wisata Danau Kaolin yang berada di Bangka Belitung.

Meskipun berasal dari bekas tanah eksploitasi, nyatanya Danau Kaolin di Bangka Belitung ini menawarkan pemandangan yang sangat memukau. Sekilas danau cantik ini seperti kawah putih yang berasal dari aktivitas gunung berapi. Padahal danau berwarna biru ini berasal dari bekas penambangan material kaolin yang mengakibatkan munculnya beberapa cerukan. Dari cerukan ini akhirnya diisi oleh air hujan dan menghadirkan danau dengan banyak cekungan.

Pemandangan tanah putih dan air birunya terasa cukup menutupi lara akibat eksploitasi alam. Pada saat ini anda sudah bisa menikmati indahnya pemandangan alam dari danau buatan ini. nuansa alam yang berbeda membuat makin banyak pilihan tempat liburan di kawasan Bangka Belitung ini. Anda bisa menjadikan danau cantik ini sebagai destinasi terbaik di liburan kali ini. Berikut ulasan selengkapnya untuk destinasi wisata Danau Kaolin yang ada di Bangka Belitung.

baca juga : Pantai Tonrangeng Parepare yang Mempesona

Wisata Danau Kaolin Bangka Belitung

Bekas penambangan yang indah

danau kaolin bangka belitung
Danau yang terbentuk akibat exploitasi kaolin pada masa lalu

Meskipun sekilas mirip seperti kawah, nyatanya Danau Kaolin tidak terbentuk dari aktivitas gunung berapi melainkan dari bekas penambangan Kaolin. Area yang terbengkalai ini menimbulkan beberapa cekungan dengan tanah putih. cekungan tersebut akhirnya diisi air hujan dan terbentuklah danau dengan penampakan air biru serta tanah putih di sekitarnya. Pemandangan memukaunya bisa dikatakan sebagai penutup lara akibat eksploitasi kaolin pada masa lalu.

baca juga : Ciwidey, Destinasi Wisata Alam di Bandung yang Memikat Hati

Latar belakang fotografi yang unik

danau kaolin bangka
Air berwarna biru kontras dengan tanah yang berwarna putih

Pemandangan danau dengan tanah putih serta air biru menghasilkan pemandangan yang unik. Kawasan satu ini akan mengingatkan kita dengan wisata Kawah Putih yang ada di Ciwidey. Banyak wisatawan yang memanfaatkan indahnya pemandangan untuk foto pre-wedding atau berburu spot unik untuk media sosial mereka. Airnya cukup aman untuk kulit karena tidak mengandung belerang. Namun wisatawan dihimbau untuk tidak berenang karena kedalaman danau lebih dari 5 meter.

baca juga : Wow, Inilah Wisata Negeri Dongeng Blitar yang Mempesona

Fasilitas Danau Biru Kaolin Bangka Belitung

danau biru kaolin
Karena bekas areal pertambangan, fasilitas untuk berwisata disini belum begitu baik

Karena awalnya danau kaolin bukanlah tempat wisata, maka fasilitas pendukungnya pun tak selengkap tempat lainnya yang memang diperuntukan untuk pariwisata. Yang menjadi unggulan danau cantik ini adalah aksesnya yang sudah sangat mudah. Anda mesti membawa perbekalan makanan sendiri serta akan sulit menjumpai tempat penginapan di sekitar. Sebagai alternatif anda bisa menyewa penginapan di area Tanjung Pandan. Untuk masuk ke kawasan danau, anda tidak perlu membayar tiket masuk.

Lokasi Danau Kaolin Bangka Belitung

danau kaolin
Walaupun fasilitasnya belum begitu baik, namun akses menuju tempat wisata ini sudah relatif bagus

Danau yang berasal dari bekas penambangan Kaolin ini berada di Desa Perawas, Kecamatan Tanjungpandan, Bangka Belitung. Hanya memerlukan perjalanan sejauh 3 km jika anda memulainya dari kota Tanjung Pandan melalui Jl. Sudirman. Jika dari Bandara H.A.S Hanandjoeddin melalui Jl. Sudirman, cukup memerlukan waktu 13 menit untuk menempuh perjalan sejauh 13 km agar sampai ke kawasan danau cantik ini.

baca juga : Yuk Berwisata Sejarah di Bukit Siguntang Palembang

Itu dia berbagai ulasan mengenai wisata Danau Kaolin yang bisa menjadi destinasi menarik anda untuk liburan bersama keluarga di Bangka Belitung. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah bersedia meluangkan waktunya berkunjung ke masbei.com. Salam Indonesia.