Daftar Tempat Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Jogja

Posted on

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang melimpah. Tidak hanya kekayaan alamnya yang begitu banyak, keindahan alamnya pun juga sangat menawan. Tidak heran jika Indonesia menjadi salah satu tujuan wisata di dunia. Tercatat ada berbagai tempat / kota di Indonesia dikenal sebagai kota wisata. Salah satunya adalah Jogja yang memiliki beraneka ragam wisata yang menarik. Wisata terkenal yang ada di Jogja sangatlah banyak. Pada artikel kali ini Masbei akan menulis tentang Daftar Tempat Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Jogja.

1. Keraton Jogja | Daftar Tempat Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Jogja

Jogja tentunya tidak lepas dengan adanya keraton Yogyakarta. Jogya merupakan pecahan dari kerajaan Mataram setelah adanya perjanjian Giyanti pada tahun 1755. Saat ini, keraton Yogyakarta dapat dikunjungi oleh umum. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika berkunjung ke Jogja tetapi tidak mengunjungi Keraton Yogyakarta. Teman – teman harus memasukkan Keraton Yogyakarta dalam daftar tempat wisata menarik yang harus dikunjungi di Jogja saat berkunjung di koota Gudeg ini.

Daftar Tempat Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Jogja
Keraton Jogja merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Ngayogjakartahadiningrat

Baca selengkapnya : Wisata Keraton Jogja, Pusat Pemerintahan Ngayogjakarta

2. Hutan Pinus Pengger Dlingo

Sesuai dengan namanya, Hutan Pinus Pengger Dlingo merupakan tempat wisata alam di Jogja berupa hutan pinus. Kawasan wisata ini sudah ditata dan dikelola sedemikian rupa oleh warga sekitar sehingga menjadi tempat wisata yang unik dan sayang untuk dilewatkan. Pemandangannya yang indah serta spot – spot foto yang menawan tentunya sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Baca selengkapnya : Hutan Pinus Pengger Dlingo yang indah dan asri

3. Replika Stonehenge | Daftar Tempat Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Jogja

Stonehenge adalah salah satu situs megalitikum yang berada di Inggris. Nah, sekarang  Stonehenge dapat juga teman – teman saksikan  / kunjungi di Jogja. Stonehenge ini menjadi salah satu tempat menarik di Jogja karena merupakan replika dari Stonehenge asli yang berada di Inggris. Tiruan bangunan berupa susunan batu bebentuk gawang dengan formasi melingkar ini berada di kaki gunung Merapi yang terletak di Kabupaten Sleman. Tempat wisata unik di Jogja ini sangat cocok bagi teman – teman yang hobi berselfie.

stonehenge jogja
Stonehenge Jogja, dibangun sebagai tempat wisata unik terbaru di Jogja

Baca selengkapnya : Stonehenge Tempat Wisata di Jogja Terbaru

4. Bukit Panguk Kediwung

Tempat wisata berikutnya dalam daftar tempat wisata menarik yang harus dikunjungi di Jogja adalah Bukit Panguk Kediwung. Seperti halnya Hutan Pinus Pengger Dlingo, Bukit Panguk Kediwung juga merupakan wisata alam berupa hutan yang ada di Jogja. Tempat ini juga menyajikan pemandangan yang indah dan asri dengan udara yang sejuk. Teman – teman juga dapat berfoto dengan properti dan juga latar belakang pemandangan yang indah di tempat wisata yang berada di Kabupaten Bantul ini.

Baca selengkapnya : Wisata indah di Bukit Panguk Kediwung, Dlingo, Bantul

5. Goa Selarong | Daftar Tempat Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Jogja

Goa Selarong merupakan tempat menarik di Yogyakarta lainnya yang wajib teman – teman kunjungi. Tempat ini merupakan saksi bisu sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro dalam melawan penjajah Belanda di Yogyakarta. Pangeran Diponegoro menjadikan tempat ini sebagai markas perjuangannya.

Disamping sebagai wisata sejarah, Goa Selarong juga memiliki pemandangan alam yang indah. Oleh karena itu, Goa Selarong juga dapat dikategotikan sebagai tempat wisata alam di Jogja.

Baca selengkapnya: Goa Selarong Markas Diponegoro yang indah

6. Wisata Pantai Goa Cemara

Tempat rekreasi di Yogyakarta yang satu ini berada di Kabupaten Bantul bagian selatan. Tempat wisata ini berupa pantai. Walaupun termasuk tempat wisata air di Jogja, namun tidak disarankan untuk bermain air laut di tempat ini karena ombaknya yang cukup berbahaya. Namun demikian, destinasi wisata di Jogja ini menyediakan aneka wisata kuliner laut (sea food), persewaan ATV serta rimbunnya pohon cemara yang membentuk seperti gua.

Baca selengkapnya : Pantai Gua Cemara, menikmati indahnya pantai yang rimbun

7. Tebing Watu Mabur | Daftar Tempat Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Jogja

Tebing Watu Mabur merupakan salah satu tempat wisata baru di Jogja. Salah satu tempat wisata alam di Yogyakarta ini merupakan hutan pinus yang hijau dengan pemandangan yang sangat menawan. Teman – teman dapat melihat hijaunya pemandangan yang indah serta dapat berfoto dengan latar belakan pemandangan yang menakjubkan. Destinasi wisata ini berada di Kabupaten Bantul, tepatnya di daerah Mangunan.

Baca selengkapnya : Lokasi Tebing Watu Mabur, Bantul Jogja

8. Bukit Ngisis

Bukit Ngisis merupakan tempat wisata alam pegunungan yang berada di Kabupaten Kulon Progo. Tempat rekreasi ini menawarkan pemandangan yang indah serta udaranya yang sejuk sesuai dengan namanya, ngisis dalam bahasa Jawa berarti mencari angin / menyejukkan diri. Teman – teman juga dapat berfoto dengan properti dan juga spot – spot yang telah disediakan oleh pengelola. Karena keindahannya tersebut maka tempat wisata di Jogja ini masuk dalam daftar tempat wisata menarik yang harus dikunjungi di Jogja.

Baca selengkapnya : Bukit Ngisis Samigaluh Kulon Progo, tempat wisata yang isis

9. Candi Ijo | Daftar Tempat Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Jogja

Candi Ijo merupakan salah satu wisata candi di Jogja. Candi ini merupakan candi yang lokasinya paling tinggi diantara candi – candi lain yang ada di Jogja. Candi Ijo terletak berdekatan dengan lokasi Tebing Breksi, tepatnya berada di atas Tebing breksi kurang lebih 1 kilometer. Dari Candi Ijo ini, pemandangan saat matahari tenggelam sangat mempesona. Tidak heraan jika pada saat sore hari menjelang matahari tenggelam wisata candi di Jogja ini ramai dikunjungi oleh pengunjung yang ingin menyaksikan indahnya pemandangan saat sunset.

wisata candi di jogja
Para pemburu sunset di kompleks wisata candi Ijo Jogja

Baca selengkapnya : Berburu sunset indah di Candi Ijo

10. Tebing Breksi | daftar tempat wisata menarik yang harus dikunjungi di Jogja

Tebing Breksi berada di Kabupaten Sleman. Tempat wisata ini merupakan bekas tambang batuan breksi yang ditutup. Oleh warga sekitar, bekas tambang ini kemudian disulap menjadi sebuah tempat wisata baru di Jogja yang sangat sayang jika tidak dikunjungi. Lokasinya yang berada di ketinggian membuat teman – teman dapat menyaksikan indahnya pemandangan Yogyakarta dan sekitarnya dari tempat ini.

Baca selengkapnya : Lokasi dan Rute Menuju Tebing Breksi Jogja

11. Air Terjun Kedung Pedut

Air terjun Kedung Pedut merupakan salah satu tempat wisata air terjun di Jogja. Tempat wisata air ini berada di Kabupaten Kulon Progo. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri dimana air yang terdapat pada kolam – kolam alaminya memiliki dua warna yang berbeda yaitu warna hijau tosca dan warna air jernih. Kemungkinan keunikan ini disebabkan oleh batuan yang menyusun lokasi tersebut.

Baca selengkapnya : Air Terjun Kedung Pedut, Wisata Indah di Kulon Progo

12. Wisata Watu Tekek Kulonprogo

Watu Tekek diambil dari bahasa jawa yang berarti batu tokek. Nama ini diberikan karena di lokasi salah satu tempat wisata di Jogja wisata ini banyak terdapat tokek. Namun demikian, pemandangan di salah satu tempat wisata di Jogja ini sangatlah menarik. Selain itu lokasi dan fasilitas gardu pandangnya membuat tempat ini juga sangat cocok untuk berfoto.

Baca selengkapnya : Lokasi Watu Tekek Kulonprogo, Wisata Baru di Jogja

13. Wisata Pantai Sanglen Gunung Kidul

Gunung Kidul merupakan gudangnya wisata pantai di Jogja. Salah satunya adalah Pantai Sanglen ini. Pantai yang masuk dalam daftar tempat wisata menarik yang harus dikunjungi di Jogja ini masih sepi dan asri, sehingga cocok untuk menenangkan pikiran dari kesibukan sehari – hari.

Baca selengkapnya : Lokasi Pantai Sanglen Gunung Kidul Tempat Wisata Alam di Jogja

14. Pesona Pengklik Pantai Samas

Daftar tempat wisata menarik yang harus dikunjungi di Jogja berikutnya adalah Pesona Pengklik Pantai Samas. Wisata air di Jogja ini cukup unik karena lokasinya tidak berada di bibir pantai, melainkan di muara sungai dimana di muara sungai ini terdapat laguna. Jadi dari tempat ini, kita dapat menyaksikan sungai dan juga laut sekaligus. Selain itu, kita dapat menikmati keindahan alamnya dengan menaiki perahu yang disewakan, atau bersantai di atas rumah terapung.

Baca selengkapnya : Wisata Jogja, Indahnya Pesona Pengklik Pantai Samas

15. Hutan Pinus Mangunan

Wisata menarik di Jogja berikutnya adalah Hutan Pinus Mangunan. Tempat ini merupakan salah satu pelopor dibukanya hutan – hutan pinus di kawasan Imogiri Bantul menjadi tempat wisata yang menarik. Hutan pinus mangunan memiliki pemandangan yang indah dan juga udara yang sejuk.

Baca selengkapnya : Hutan Pinus Mangunan Imogiri yang Asri, Imogiri

Saya rasa cukup sekian artikel saya mengenai Daftar Tempat Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Jogja. Jika ada kesalahan atau ada hal – hal yang kurang berkenan pada artikel ini saya mohon maaf yang sebesar besarnya. Silakan berkomentar pada kolom komentar di bawah. Cukup sekian dari saya, cintailah Indonesia dengan menjaga lingkungan dan budayanya. Salam Indonesia.

Baca Juga  Sepeda balap / road bike : jenis dan fungsinya