Berwisata Kuliner Khas Sunda Di Curug Sampireun Depok

Posted on

Curug sejatinya adalah bahasa sunda air terjun. Sehingga wajar sebagian orang saat mendengar curug sampireun untuk pertama kalinya akan mengira tempat itu adalah sebuah destinasi wisata air terjun baru. Namun, sama sekali tidak begitu untuk curug sampireun di kawasan depok. Tempat ini merupakan restoran yang menyajikan menu khas sunda yang merupakan cabang dari restoran serupa di Bandung. Selain rasa makanan yang lezat, harga yang dibanderol untuk masing-masing menu di curug sampireun pun sangat terjangkau. Untuk sepaket makanan berupa nasi, lauk, dan minuman, setiap orang hanya dikenakan biaya di bawah Rp. 50.000,- dan harga tersebut dapat lebih murah untuk reservasi berkelompok.

Keunikan & Keunggulan Curug Sampireun Depok

Curug Sampireun Depok
Curug Sampireun Depok

Tidak hanya mengandalkan soal rasa masakan yang lezat, curug sampireun pun berusaha menggaet pelanggan melalui view atau panorama sekitar restoran yang sangat cantik. Curug sampireun dibangun di tengah sebuah telaga, di mana bangunan utamanya merupakan gedung bertingkat dari batu bata merah tanpa polesan dilengkapi lampu kuning temaram di setiap sudut yang semakin mempercantik pemandangan di sekeliling restoran. Di sekeliling bangunan utama, terdapat gazebo-gazebo yang juga dilengkapi meja dan kursi untuk pengunjung yang ingin menikmati makanan lebih dekat dengan alam. Di telaga juga terdapat banyak ikan koi yang semakin menambah eksotik restoran yang hanya menyajikan menu western pada akhir pekan tersebut.

Pengunjung juga dapat merasakan sensasi menaiki sampan sederhana mengelilingi sekitar restoran dengan membayar biaya sewa sebesar Rp. 15.000,- per orang. Salah seorang petugas akan menjadi pendayung, sedangkan jumlah penumpang perahu untuk sekali putaran maksimal adalah enam orang anak-anak dan satu orang dewasa atau lima orang dewasa. Khusus bagi kalangan jurnalis, curug sampireun biasanya memberikan kesempatan untuk meliput langsung dapur restoran di mana kadang pembawa acara juga diajak memasak langsung oleh koki. Meski tidak setiap hari, namun ada event tertentu di mana pengunjung biasa pun dapat belajar memasak langsung di dapur restoran. Event yang satu ini cukup menarik minat dan dinantikan.

baca juga : Jalan Jalan ke Jogja : Tempat Wisata Kuliner Menarik di Yogya Dekat Malioboro

Menu-menu Andalan Curug Sampireun Depok

Curug Sampireun
Gurame Beuleum Awi merupakan salah satu menu andalan Curug Sampireun

Belum afdol rasanya membahas sebuah restoran tanpa menyertakan rekomendasi menu yang menjadi andalan restoran tersebut. Di curug sampireun, olahan ikan gurame paling difavoritkan. Gurame asam manis, sop gurame asam pedas, dan gurame beuleum awi adalah masing-masing olahan gurame andalan dari curug sampireun. Selain itu, ada menu lain yang sedang digandrungi oleh para pengunjung curug sampireun selain olahan gurame, yakni sop iga gajah sampireun. Disebut iga gajah karena ukuran dari daging iga yang digunakan sangat besar dan diolah dengan bumbu rempah-rempah hingga menghasilkan cita rasa yang melumerkan lidah. Sambal leunca adalah pelengkap yang tidak boleh terlewatkan saat mengunjungi restoran sunda ini.

baca juga : Berwisata dan Belajar di Taman Herbal Insani Sawangan Depok

Lokasi Dan Fasilitas Curug Sampireun Depok

Curug Sampireun
Salah satu fasilitas resepsi pernikahan di Curug Sampireun

Curug sampireun depok berlokasi di Jalan KSU Parung Serab Sukmajaya Depok. Dari segi lokasinya cukup strategis dan mudah dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, bahkan transportasi umum berupa armada angkutan kota. Pengunjung bebas mengeksplorasi setiap sudut curug sampireun dan mengabadikan keindahannya melalui bidikan kamera. Selain itu, curug sampireun juga dapat disewa sebagai lokasi pemotretan pre wedding maupun untuk acara resepsi pernikahan dengan harga paket yang sangat terjangkau. Namun untuk keperluan acara-acara dengan jumlah rombongan besar seperti itu sebaiknya melakukan reservasi atau pemesanan tempat terlebih dahulu mengingat curug sampireun hampir tidak pernah sepi dari pengunjung, terutama pada akhir pekan.