Curug Nagrak, Pemandian Air Panas Alami di Cipanas

Posted on

Curug Nagrak, Pemandian Air Panas Alami di Cipanas. Bandung tentunya bukan nama yang asing bagi kita. Terlebih bagi yang tinggal di kawasan barat Pulau Jawa pastinya mengenal Ibu Kota Provinsi Jawa Barat ini. Selain sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Barat, Bandung juga dikenal sebagai salah satu lumbung wisata di sector barat Pulau Jawa. Tidak heran jika seperti halnya Bogor, Bandung akan dibanjiri para wisatawan pada saat musim liburan atau weekend.

Kebanyakan tempat wisata yang ada di Bandung merupakan wisata yang menonjolkan keindahan alam. Tidak heran, memang Bandung terletak di kawasan pegunungan yeng memiliki pemandangan indah nan menawan. Salah satu wisata alam yang ada di kawasan Kabupaten Bandung adalah Curug Nagrak. Apa sih menariknya curug ini? Yuk kita simak artikel singkatnya.

Pesona Keindahan Curug Cipanas Nagrak

curug nagrak
Curug ini juga disebut dengan Curug Cipanas, gambar : Google Maps, Dedi Priadi

Tentu kita sudah familiar dengan istilah curug. Ya, dalam Bahasa Indonesia curug dapat diartikan dengan air terjun. Oleh karena itu, sesuai dengan namanya, Curug Nagrak juga merupakan obyek wisata berupa air terjun.

Lokasi curug ini berada di perbukitan yang masih alami dengan pemandangan yang asri. Ditambah lagi udara yang masih belum terpapar polusi sehingga masih sejuk dan segar. Uniknya, curug ini tidak memiliki air sejuk atau dingin layaknya air terjun pada umumnya. Justru air di Curug Nagrak ini berupa air panas. Oleh karena itu, curug ini juga sering disebut dengan Curug Cipanas.

Air di Curug Nagrak ini panas dikarenakan adanya aktivitas vulkanik di jalur aliran air ini.  Aktivitas vulkanis Gunung Tangkuban Perahu lah yang menghangatkan air di curug ini. Memang lokasi wisata air terjun ini jaraknya tidak terlalu jauh dengan Gunung Tangkuban Perahu.

Curug ini hanya memiliki ketinggian sekitar 2 meter. Termasuk rendah untuk ukuran air terjun. Air panas yang turun dari tebing tersebut kemudian dibuatkan bendungan dari bebatuan oleh pengelola hingga membentuk kolam. Nah, di kola mini para pengunjung dapat berendam atau bermain air.

Air di curug ini juga kaya akan mineral –mineral. Mineral seperti belerang atau sulfur juga terkandung di dalam air curug ini. Oleh karena itu, air di loasi wisata ini juga dapat menyembuhkan penyakit kulit karena kandungan mineral, terutama sulfurnya tersebut.

Selain menyembuhkan penyakit kulit, berendam di air hangat curug ini membuat tubuh kita terasa lebih segar. Dengan berendam di air panas, tubuh kita akan menjadi lebih rileks. Terlebih lagi didukung dengan pemandangan alam yang masih asri dan alami. Tentunya perpaduan tersebut membuat badan dan pikiran kita menjadi lebih rileks saat berendam di curug ini.

baca juga : Curug Leuwi Hejo Bogor yang Mempesona

Fasilitas Curug Nagrak Parongpong

curug cipanas nagrak
Walaupun sederhana, fasilitas yang ada sudah cukup lengkap, gambar : Google Maps, Dedi Priadi

Tepat wisata ini masih tergolong cukup baru saat artikel ini ditulis. Namun demikian fasilitas disini sudah lumayan lengkap walaupun masih sederhana. Fasilitas – fasilitas krusial seperti kamar mandi, musholla, warung makanan, lkasi parkir dan tempat beristirahat sudah ada disini. Jadi, walaupun sederhana tapi dapat mendukung kegiatan berwisata anda.

Dengan fasilitas yang masih sederhana ini, memberikan kesan yang masih alami. Jadi hal ini justru menambah keseruan berwisata di Curug Cipanas Nagrak ini.

baca juga : Jalan Menuju Lokasi Taman Lembah Dewata Lembang

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Curug Cipanas Nagrak Parongpong

curug nagrak parongpong
instagram.com/heristiadi

Untuk memasuki tempat wisata ini, kita tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Untuk setiap pengunjung tempat wisata ini hanya akan dikenakan tiket masuk seharga Rp. 5.000,-. Sedangkan untuk anak – anak dikenakan tiket masuk yang lebih maurah yaitu Rp. 3.000,-.

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, anda akan dikenakan biaya parkir. Untuk sepeda motor, tarif parkirnya Rp. 5.000,- dan untuk mobil sebesar Rp. 10.000,-. Bagaimana? Cukup terjangkau bukan?

Tempat wisata ini dibuka setiap hari untuk umum. Jam bukanya mulai dari pagi hingga manjalang Magrib. Namun, kadangkala wisata ini dibuka selama 24 jam.

baca juga : Menyaksikan Keindahan Curug Malela di Bandung Jawa Barat

Lokasi Curug Nagrak Lembang Bandung

curug parongpong lembang
instagram.com/angga_manugh

Curug Nagrek ini terdapat di Kecamatan Lembang. Adapun alamat lengkapnya adalah Jalan Nagrak Kulon, Sukajaya, Lembang, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391. Untuk menuju ke lokasi Curug Cipanas Nagrak ini, anda dapat mengikuti koordinat GPS dari Google Maps berikut ini.

 

baca juga : Wisata Curug Lawe, Pesona Keindahan Air Terjun di Semarang

Nah, itulah sekilas artikel mengenai Curug Nagrak Parongpong yang memiliki air hangat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke masbei.com, salam Indonesia.