Nikmati Keseruan Curug Muara Jaya

Posted on

Curug memang salah satu lokasi wisata alam yang banyak di sukai oleh banyak orang. Banyak pemandangan yang dapat anda saksikan dengan suasana alamnya yang masih alami dan asri. Salah satu curug yang banyak menarik perhatian wisatawan adalah Curug Muara Jaya.

Curug ini merupakan curug yang terkenal dengan nama curug apuy. Curug yang berada di aliran sungai muara jaya yang dekat dengan lereng gunung Ciremai ini memiliki ketinggian air secara keseluruhan sekiatr 73M. Bukan hanya satu, melainkan dua air terjun yang terdapat pada dinding batu. Sedangkan air terjun selanjunya yang merupakan air terjun yang memiliki ukuran tidak terlalu besar. Kedua air terjun ini tergabung menjadi salah stau pemandangan yang cantik.

Curug muara jaya memiliki udara yang sejuk dan tanahnya yang masih sangat subur. Jika anda pergi ke curug yang satu ini anda akan langsung melihat hamparan sayur dan mayur hingga palawija yang tumbuh. Bukan hanya itu, namun keunikan lainnya adalah terdapat pohon kesemek di sekitaran lokasi curug muara jaya berada.

Salah satu ciri khas dari curug muara jaya adalah adanya acara tahunan. Acara tahunan ini meliputi upacara tradisional bernama Pareresan yang di lakukan seluruh masyarakat setempat setelah panen raya. Walaupun di dekat curug ini terdapat curug lain bernama curug Sawer, namun tidak terlalu terkenal seperti curug muara jaya.

Lokasi curug muara jaya

air terjun curug muara jaya

Lokasi menuju curug muara jaya tidaklah sulit. Curug muara jaya terletak di di Kampung Apuy, Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Propinsi Jawa Barat. Dengan jarak sekitar 83 km sebelah barat daya kota Cirebon dan arah tenggara dekat dengan ibu kota kabupaten Majalengka.

Untuk dapat menuju curug, jalan utama yang di pilih yaitu tepatnya di kecamatan Maja.  Maja adalah kota kecil kecamatan yang berjarak sekitar 10 km dari Majalengka dan di kenal sebagai sentra sayuran daerah Majalengka. Setelah sampai di kecamatan ini anda bisa menuju arah timur menuju desa argalingga yang memang memiliki desa sempit.

Anda tetap berhati-hati yak arena jalanan sempit yang mengharuskan dua kendaraan roda empat berpapasan dengan kondisi jalan berkelok.

baca juga : Curug Cibadak Garut, Surga Tersembunyi

Fasilitas dan akomodasi Curug Muara Jaya

keindahan curug muara jaya

Disini bukan hanya disajikan pemandangan yang indah, melainkan terdapat beberapa warung penjual makanan dan minuman yang pastinya menjual beberapa makanan yang dapat anda nikmati di curug, area camping ground, tempat parkir, dan juga toilet.

Bukan hanya itu, namun disini juga di sediakan mushola untuk anda yang ingin beribadah dan jug ataman bermain yang di sediakan untuk anak-anak. Di lokais tersebut terdapat beberapa pendopo yang memiliki ukuran yang besar dan juga kecil yang di beri nama balai pertemuan muara jaya dan memang sengaja di bangun untuk tempat istirahat untuk para pengunjung yang datang.

Tidak jauh dari lokasi curug, terdapat beberapa area perkemahan yang bisa memberikan pengalaman baru untuk anda dan keluarga merasakan perkemahan layaknya di hutan.

baca juga : Indahnya Pantai Rancabuaya Garut yang Eksotis

Tiket dan parkir curug muara jaya

curug muara jaya

untuk anda yang berminat berkunjung ke lokasi curug muara jaya ini hanya cukup mengeluarkan biaya 6000 per orangnya dengan tiket parkir sebesar 2000 rupiah saja untuk anda yang menggunakan kendaraan roda dua.

baca juga : Berwisata Alam Yang Hemat ke Ranggon Hills Gunung Salak Bogor

Seperti yang kita ketahui bukan hanya air terjun saja, melainkan disini anda juga dapat merasakan sensasi perkemhana dengan harga karcis 3500 per orangnya.