Curug Kiara Gunung Menir Bogor yang Mempesona

Posted on

Curug Kiara Gunung Menir Bogor yang Mempesona. Di kawasan barat Pulau Jawa, Bogor merupakan salah satu sentra wisata alam. Wisata alam di kawasan Bogor ini sangat mempesona. Memang lokasinya yang berada di dataran tinggi sangat mendukung kegiatan wisata alamnya. Tidak heran jika pada saat weekend atau musim liburan, Bogor senantiasa dipenuhi oleh wisatawan. Terlebih lokasinya yang dekat dengan Jakarta. Ya, memang wisatawan dari Ibu Kota Jakarta dikenal haus akan wisata, terlebih wisata alam. Maklum, tingkat stress di Ibu Kota memang cukup tinggi. Oleh karena itu hamper dapat dipastikan saat liburan tiba, Bogor akan banyak disebu oleh kendaraan ber pelat B.

Pada era digital ini, informasi akan tersebar dengan sangat cepat. Oleh karena itu, Bogor memanfaatkan fenomena ini dengan mengeksplor potensi wisatanya lebih banyak. Salah satunya adalah Curug Kiara Gunung Menir Bogor. Ada apa disini? Berikut artikel singkatnya dari masbei.com.

Pesona Curug Kiara Gunung Menir Bogor

curug kiara gunung menir
Curug yang masih asri dengan alam yang hijau dan sejuk. instagram.com/suhendar20

Di wilayah Bogor memang cukup banyak terdapat curug atau air terjun. Namun memang belum semuanya dapat terekpos atau terkelola sebagai obyek wisata. Lokasi curug  yang biasanya terdapat di dalam hutan tentu banyak yang sulit diakses.

Untuk Curug Kiara Gunung Menir Bogor ini sudah dapat diakses oleh wisatawan. Atas upaya dari pihak pengelola, wisatawan dapat melihat keindahan curug ini. Lokasi curug yang berada di kawasan yang asri membuat pengunjung bayak yang mengunjungi tempat ini. Curug ini juga cukup unik karena dikelilingi oleh tebung menjulang yang cukup tinggi.

Untuk dapat menuju ke area Curug Kiara Gunung Menir ini, pengunjung harus turun terlebih dahulu. Turunan ini dapat dibilang sangat curam karena kemiringannya hampir 90 derajat atau hamper tegak lurus. Namun jangan khawatir, pihak pengelola sudah membangun sebuah tangga bamboo yang dapat digunakan untuk turun ke are air terjun. Namun demikian, kita tetap harus hati – hati saat menuruni tangga bambu ini.

Tapi perjuangan untuk menuruni anak tangga bambu ini akan terbayar begitu sampai di bawah. Pemadangan air tejun yang menjulang serta gemuruh airnya akan membuat kita merasa tenang. Selain itu, airnya juga jernih dan tentunya sejuk karena berada di kawasan pegunungan.

baca juga : Curug Leuwi Hejo Bogor yang Mempesona

Fasilitas Curug Kiara Gunung Menir Bogor

curug kiara bogor
Air curug yang bening dan sejuk membuat kita tergoda untuk bermain air disini. instagram.com/prasetyadhamma

Lokasi Curug Kiara Gunung Menir ini masih sangat alami. Curug ini juga masih terus dikembangkan sebagai tempat wisata alam di Bogor. Oleh karena itu, fasilitas yang ada disini juga masih cukup sederhana.

Penjual makanan hanya ada di atas air terjun. Jadi jika ingin sambal makan di air terjun, silakan bawa bekal dari atas. Namun yang wajib diingat dan dilaksanakan adalah jangan buang sampah sembarangan. Silakan bawa sampah dan buang ke tempat yang sudah disediakan, jangan ditinggal di air terjun, air terjun tidak butuh sampah. Mari mulai sadar untuk melestarikan alam. Jangan rusak alam dengan sampah yang dibuang dengan sembarangan.

baca juga : Indahnya Curug Ciherang Bogor

Harga Tiket Masuk Curug Kiara Gunung Menir Bogor

curug kiara gunung menir bogor
Tangga inilah akses untuk menuju ke loasi air terjun. instagram.com/dedigunandar

Untuk memasuki tempat wisata ala mini, setiap pengunjung akan dikenakan tiket masuk. Adapun harga tiket masuk Curug Kiara Gunung Menir Bogor ini adal Rp. 10.000,-. Jika anda membawa kendaraan bermotor, maka anda akan dikenakan tariff parkir. Biaya parkirnya sebesar Rp. 5.000,- untuk sepeda motor dan Rp. 10.000,- untuk mobil.

baca juga : Rute dan Alamat Lokasi Wisata Pabangbon Bogor

Lokasi Curug Kiara Bogor

Curug Kiara Bogor ini terletak di kawasan Pamijahan. Adapun alamat lengkapnya adalah Ciasihan, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat 16810.

Untuk menuju ke lokasi Curug Kiara ini, kita dapat menempuh rute :

Curug Luhur ambil jalan ke arah pamijaha – Pertigaan dekat alfamart, belok ke kanan. Ikuti jalan hingga sampai ke SDN Gunung Picung. Setelah melewati SD belok ke kanan. Kemudian ada pertigaan lagi, belok ke kiri sampai melewati Desa Cibitung Kulon. Teruskan perjalanan hingga sampai pertigaan lagi, belok ke kiri  melewati jalan KM Part. Nah, dari sini lokasi curug sudah dekat.

Bingung? Jangan khawatir, anda dapat memanfaatkan GPS untuk menuju ke tempat ini. Berikut ini lokasi Curug Kiara berdasarkan peta dari Google Maps.

 

baca juga : Berwisata Alam Yang Hemat ke Ranggon Hills Gunung Salak Bogor

Nah, itulah sekilas mengenai salah satu tempat wisata alam yang ada di Bogor. Curug Kiara Gunung Menir Bogor dapat anda masukkan ke dalam daftar tempat yang akan anda kunjungi saat berada di Bogor.

Cukup sekian artikel singkat ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke masbei.com, salam Indonesia.