Mengunjungi Curug Cikondang, The Little Niagara Dari Cianjur

Posted on

Curug cikondang atau air terjun cikondang adalah salah satu destinasi wisata terpopuler dari daerah Cianjur. Tetapi tidak hanya di dalam negeri saja, popularitas curug yang satu ini pun sudah menggaung dalam dunia pariwisata internasional. Bahkan, acara national geographic yang terkenal akan relevansi dan kredibilitasnya dalam pembahasan berbagai lokasi di seluruh dunia, melabeli curug cikondang sebagai the little niagara atau versi mini dari air terjun terindah di dunia, Niagara. Predikat tersebut tak pelak semakin meningkatkan daya saing curug cikondang di mata turis asing. Sebab itu, curug cikondang kian hari semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin membuktikan embel-embel little Niagara tersebut.

Little Niagara Sesungguhnya, Panorama Tiada Banding Dan Tantangan Ekstrem

Curug Cikondang
Curug Cikondang

Bukan tanpa alasan curug cikondang sampai dijuluki versi mini air terjun niagara. Hal itu dikarenakan ketinggian air terjun cikondang mencapai 50 meter dengan diameter aliran sebesar 30 meter disertai debit air yang sangat deras dan memiliki undakan-undakan sehingga air tidak otomatis bergerak jatuh ke sumber air yang tepat berada di bawahnya. Sekitar air terjun dikelilingi oleh pepohonan rindang dan persawahan dengan tanah persawahan bermode terasiring sebagaimana perbukitan di Malang dan Bali, yang kontan semakin mempercantik panorama sekitar curug. Sayangnya, karena debit air yang agak deras, pengunjung disarankan tidak terlalu lama bermain air karena dikhawatirkan mengidap hipotermia atau terseret oleh arus.

Selain itu, alasan lain wisatawan sebaiknya tidak terlalu lama terkena air curug adalah akibat adanya aktivitas penambangan emas di dekat curug dan hal tersebut mengakibatkan air sedikit tercemar. Jika kulit terpapar zat yang tercemar terlalu lama, dapat menimbulkan reaksi alergi berupa gatal-gatal hingga ruam. Untungnya saat ini pemerintah setempat sudah berusaha meminimalisir aktivitas pertambangan yang sebenarnya tergolong ilegal tersebut, sekaligus lebih mengeksplorasi hiburan di curug cikondang dengan menambahkan hiburan water climbing atau mendaki jalur air terjun. Hiburan yang sangat menantang satu ini membutuhkan nyali besar serta stamina yang kuat bagi wisatawan yang berniat menjajalnya.

baca juga : Wisata Seru di Bukit Moko Bandung 2018

Tidak Jauh Dari Situs Gunung Padang

curug cikondang bandung
Situs Megalitikum Gunung Padang

Selain bermain air lalu mengabadikan momen di curug dan melakukan water climbing, memang belum ada aktivitas lain yang dapat dilakukan di air terjun cikondang. Namun, setelah puas bermain air, wisatawan dapat mengeringkan diri dan berganti pakaian untuk selanjutnya melakukan sedikit pendakian ke gunung padang yang berada di seberang curug. Di gunung padang sendiri terdapat situs megalitikum atau peninggalan zaman batu terbesar di Asia Tenggara. Di sana, wisatawan dapat pula menikmati pemandangan hijau menghampar dari perkebunan teh PTPN VIII Penyairan, di mana curug cikondang berada di tengahnya, selain melihat peninggalan-peninggalan zaman pra sejarah di mana peradaban dibangun dengan peralatan serba terbatas.

baca juga : Taman Bunga Celosia Gedong Songo Bandungan Semarang

Lokasi, Transportasi, Retribusi Dan Akomodasi Curug Cikondang

air terjun cikondang
Water Climbing merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan di lokasi Curug Cikondang

Curug cikondang tepatnya berada di Desa Sukadana, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kurang lebih sekitar 37 kilometer dari pusat Kota Cianjur dan dapat diakses menggunakan kendaraan umum maupun transportasi pribadi. Tetapi untuk sampai persis di lokasi air terjun, wisatawan harus berjalan sejauh satu kilometer dari areal parkir di perkampungan warga. Untuk biaya parkir dipatok mulai Rp. 3.000,- tergantung jenis kendaraan. Retribusi lain yang harus dibayar pengunjung adalah tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang. Fasilitas di curug cikondang masih tergolong minim, hanya warga setempat yang berjualan minuman dan makanan ringan, sementara tempat berganti pakaian dapat menumpang di toilet warga.