Ciwidey, Destinasi Wisata Alam di Bandung yang Memikat Hati

Posted on
Tentunya kita sudah tidak asing dengan nama Bandung. Bandung terkenal sebagai kota perjuangan yang juga diabadikan dalam sebuah lagu perjuangan “Halo – halo Bandung” yang menggambarkan perjuangan merebut kemerdekaan dari penjajah. Selain sebagai kota perjuangan, Bandung menyimpan pesona wisata yang memikat hati. Teman – teman bisa menjumpai tempat wisata yang tersebar di wilayah Bandung. Salah satunya adalah destinasi wisata alam di Bandung yang juga terdapat di wilayah Bandung selatan. Di wilayah Bandung Selatan, teman – teman bisa datang ke kawasan wisata Ciwidey Bandung yang terkenal dengan Kawah Putih dan Situ Patenggang.
Ciwidey merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung. Ciwidey memiliki tempat wisata alam di Bandung yang cukup banyak dan menarik hati. Pemberian nama Ciwidey berasal dari bahasa Portugis Kuno, yaitu kata ‘Ciwi’ yang memiliki arti buah kiwi dan ‘Dey’ berarti hari. Ciwidey telah dikenal sebagai tempat wisata alam di Bandung yang indah dan menjadi daerah penghasil produk-produk pertanian juga perkebunan di Jawa Barat. Objek wisata Bandung yang ada di Ciwidey ini memiliki pesona indah dan memikat hati. Tidak hanya terkenal dengan Kawah Putih dan Situ Patenggang saja, Ciwidey juga menawarkan tempat wisata alam lain dengan panorma yang tidak kalah menawan dan mengagumkan. Pesona destinasi wisata Ciwidey di Bandung terlukis dalam tujuh tempat wisata alam berikut :

1. Perkebunan Rancabali, destinasi wisata alam di Bandung

Perkebunan Rancabali Ciwidey menyuguhkan panorama perkebunan teh yang memikat hati. Teman – teman bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum dari kota Bandung menuju lokasi wisata Bandung Selatan ini. Di kawasan wisata ini, teman – teman juga bisa mengunjungi pabrik teh. teman – teman bisa memilih paket wisata kunjungan pabrik dan menggunakan jasa pemandu wisata. Selama kunjungan ke pabrik teh, teman – teman akan memperoleh banyak pengetahuan seperti proses pembukaan lahan, pembibitan, penanaman, pemeliharaan, pemangkasan, pemetikan, sampai dengan pengolahan teh.
destinasi wisata di bandung
Perkebunan Rancabali Ciwidey merupakan salah satu tempat wisata alam di Bandung yang menjanjikan suasana yang asri dan sejuk

2. Kebun Stroberi di Desa Alam Endah Ciwidey

Kebun Stroberi di Desa Alam Endah Ciwidey menawarkan pemandangan hamparan kebun stroberi dan pengalaman memetik buah-buah stroberi langsung dari tanamannya. Teman – teman bisa menikmati wisata di Kebun Stroberi yang terbentang luas ini dengan berjalan-jalan merasakan kesejukan alam dan suasananya. Teman – teman bahkan bisa langsung mencicipi buah stroberi yang dipetik sendiri dari dahan-dahan tanamannya. Selain itu, teman- teman juga bisa belajar cara menanam pohon stroberi di tempat wisata alam di Bandung yang satu ini.
tempat wisata di bandung
Kebun Stroberi yang dipenuhi buah yang ranum menggoda pengunjung untuk memetiknya

3. Pemandian Air Panas Walini

Pemandian Air Panas Walini berlokasi tidak jauh dari Situ Patenggang tepatnya berada di Jl. Raya Ciwidey – Patengan, Tenjolaya, Ciwidey, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40972. Teman – teman akan menemukan lokasi kolam pemandian air panas ini dengan datang ke Perkebunan Teh Walini. Areal pemandian air panas Walini yang termasuk dalam wisata alam di Bandung ini dikelilingi oleh perkebunan teh, sehingga menyuguhkan hawa sejuk yang menyegarkan. Air panas yang terdapat di Pemandian air panas Walini ini bersumber dari air panas alam, sehingga sangat alami dan senantiasa panas. Selain berendam, teman – teman juga bisa berenang di kolam renang air panas yang tersedia di tempat wisata Ciwidey ini.

4. Pemandian Air Panas Cimanggu, destinasi wisata alam di Bandung

Pemandian Air Panas Cimanggu ini adalah salah satu kolam pemandian air panas yang ada di Ciwidey. Lokasi pemandian air panas ini berada pada ketinggian sekitar 1.100 meter dpl. teman – teman bisa sampai di lokasi pemandian air panas Cimanggu dengan menempuh perjalanan sekitar 45 km dari kota Bandung. Untuk menuju tempat wsiata alam di Bandung ini, teman – teman bisa mengambil jalur Ciwidey Pangalengan. teman – teman akan mendapati pemandangan hamparan perkebunan teh yang luas. Areal pemandian air panas Cimanggu berada di sekitar perkebunan tersebut.

5. Bumi Perkemahan Ranca Upas, destinasi wisata alam di Bandung

Bumi Perkemahan Ranca Upas berlokasi di desa Alam Endah, Kecamatan Ciwidey. Destinasi wisata alam di Bandung yang satu ini berada tidak jauh dari lokasi wisata Kawah Putih. Perjalanan dari Pangalengan hanya berjarak sekitar 15 km, sementara bila dari Bandung ke Bumi Perkemahan Ranca Upas jarak yang ditempuh sekitar 56 km. Di kawasan tempat wisata ini, tersedia penyewaan peralatan berkemah dan warung-warung yang menawarkan makanan. Selain itu, teman – teman juga bisa mengunjungi penangkaran hewan rusa di tempat wisata ini. teman – teman bisa melihat kawanan rusa ketika berkemah di tempat wisata alam yang sejuk dan segar ini. Bumi Perkemahan Ranca Upas ini selalu ramai pengunjung, terlebih ketika weekend dan hari libur.

6.  Kawah Putih Ciwidey destinasi wisata alam di Bandung

Kawah Putih Ciwidey berada di Rancabali dan berjarak sekitar 44 km dari Kota Bandung. Di kawasan wisata alam di Bandung ini, teman – teman akan mendapati panorama alam yang memikat dan air danau yang berwarna putih kehijauan terlihat kontras dengan batu kapur putih yang mengitari danau tersebut. Sementara di sebelah utara danau, terdapat tebing batu kapur berwarna kelabu dan batu tersebut ditumbuhi oleh lumut dan berbagai jenis tumbuhan lainnya. Tidak heran karena keindahan alamnya, tempat wisata Kawah Putih ini menjadi salah satu favorit sebagai destinasi wisata alam di Bandung terutama di Ciwidey dan banyak dikunjungi wisatawan.
Menurut cerita rakyat, Kawah Putih adalah tempat untuk berkumpulnya roh dari para leluhur orang-orang daerah ini. Di Kawah putih ini, konon terdapat makam para leluhur bersemayam, diantaranya adalah Eyang Rangsa Sadana, Eyang Jaga Satru, Eyang Camat, Eyang Barabak, Eyang Ngabai, Eyang Baskom, dan juga Eyang Jambrong. Puncak Kapuk yang merupakan salah satu puncak Gunung Patuha, dipercaya sebagai tempat rapat para leluhur, dalam rapat tersebut yang memimpin adalah Eyang Jaga Satru. Konon kabarnya, di tempat ini sesekali masyarakat lokal melihat secara gaib sekumpulan domba lukutan. Domba berbulu putih tersebut dipercaya sebagai penjelmaan dari para leluhur.

7. Situ Patenggang (Situ Patengan), destinasi wisata alam di Bandung

Situ Patenggang (Situ Patengan) merupakan sebuah danau yang berada di Perkebunan Rancabali. teman – teman bisa mencapai lokasi Situ Patenggang dengan menempuh perjalanan yang berjarak sekitar 47 km dari kota Bandung. Setibanya di tempat wisata alam di Bandung yang satu ini, teman – teman bisa menikmati suasana sejuk sambil berkeliling danau menggunakan perahu yang disewakan di kawasan tersebut. Keinadahan dan suasananya menjadikan Situ Patenggang sebagai salah satu destinasi wisata keluarga yang favorit di Bandung.
Nah, itulah Ciwidey, destinasi wisata alam di Bandung yang memikat hati para pengunjungnya. Tentunya dengan adanya Wisata Ciwidey ini akan menambah kekayaan wisata di negara kita tercinta ini. Demikian atikel ini, semoga bermanfaat bagi teman – teman sekalian. Jika ada kritik, saran, tambahan, silakan teman – teman tuliskan pada kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan dalam Indonesia.