Candi Gedong Songo, Wisata Populer di Semarang

Posted on

Candi Gedong Songo, Wisata Populer di Semarang – Seperti yang telah Anda ketahui bahwa Semarang adalah ibukota dari Propinsi Jawa Tengah, Semarang juga menjadi kota paling besar yang ada di propinsi tersebut. Semarang merupakan sebuah kota yang terletak di bagian utara pesisir Jawa Tengah, kota yang satu ini juga dilintasi oleh jalur pantura sehingga menjadikan lokasinya sangatlah strategis karena menghubungkan beberapa kota penting di Pulau Jawa seperti Jakarta, Cirebon, Surabaya, Yogyakarta, dan juga beberapa kota penting yang lainnya.

Sebagai ibukota dari Jawa Tengah, Kota Semarang memiliki potensi yang besar dalam bidang pariwisata di mana Anda akan bisa menemukan begitu banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi. Salah satu destinasi wisata yang populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Semarang adalah Candi Gedong Songo, candi yang satu ini memang menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang menyukai wisata sejarah. Jika Anda masih belum menentukan tujuan wisata di Semarang, maka Anda bisa mengunjungi wisata sejarah berupa candi yang akan diulas berikut ini.

Candi Gedong Songo, Wisata Populer di Semarang

Lokasi dan Akses Jalan Menuju Candi Gedong Songo

candi gedong songo
Wisata candi di Semarang ini membawa kita untuk menengok kembali sejarah masa lalu

Objek wisata Candi Gedong Songo alamatnya ada di Bandungan, Semarang, Propinsi Jawa Tengah yang mana akses jalan menuju lokasi tidaklah sulit karena telah bisa dilalui oleh kendaraan sehingga Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa rute yang bisa Anda pilih untuk menuju ke tempat wisata sejarah ini yakni melalui Yogyakarta, Solo, Kendal, ataupun Semarang. Selain itu telah tersedia berbagai moda transportasi menuju Candi Gedong Sanga.

baca juga : Berburu Sunset Menawan di Candi Ijo Jogja

Daya Tarik Candi Gedong Songo

Perlu Anda ketahui bahwa nama Candi Gedong Songo bearasal dari bahasa Jawa yang mana memiliki arti sembilan bangunan. Anda memang akan menemukan sembilan candi yang berada di kawasan ini. Kesembilan candi yang ada di kawasan wisata candi ini memiliki jarak yang cukup berjauhan yakni sekitar 200 hingga 300 meter. Menariknya Anda akan bisa menyaksikan panorama alam yang indah disini. Jadi Anda tidak akan terlalu lelah untuk berjalan ke candi karena pemandangan indah ini.

Sejarah Candi Gedong Songo

wisata candi gedong songo semarang
Candi ini merupakan candi Hindu peninggalan Dinasti Syailendra

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para arkeolog, Candi Gedong Songo merupakan sebuah candi bercorak Hindu. Candi ini dibangun pada abad ke-9 atau tepatnya tahun 927 Masehi oleh Wangsa Syailendra. Candi Gedong Songo sendiri ditemukan pertama kali pada tahun 1740 oleh Sir Thomas Stamford Raffles. Pada awalnya hanya ditemukan tujuh buah candi sehingga namanya Candi Gedong Pitu. Baru pada tahun 1911 ditemukan dua candi lainnya. Dengan ditemukannya 2 candi ini maka total candi menjadi 9 buah. Oleh karena itu namanya dirubah menjadi Candi Gedong Songo.

baca juga : Taman Bunga Celosia Gedong Songo Bandungan Semarang

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Candi Gedong Songo

candi gedong songo semarang
Harga tiket masuk wisata sejarah ini sangatlah terjangkau

Para wisatawan yang berkunjung ke Candi Gedong Songo harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Jangan khawatir, harga tiket masuknya hanya sebesar 6 ribu rupiah. Selain itu Anda juga bisa menaiki kuda untuk berkeliling kawasan candi dengan membayar 25 ribu rupiah. Kawasan wisata candi ini sendiri telah dikelola dengan profesional. Jadi, tentu saja telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung yang lengkap demi kenyamanan para wisatawan saat berlibur.

baca juga : Lokasi Kampung Pelangi Semarang Bejalen

Jika Anda ingin berwisata sejarah di kawasan Semarang, maka Anda bisa mengunjungi kawasan wisata Candi Gedong Songo yang telah diulas di atas. Cukup sekian artikel ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke masbei.com. Salam Indonesia.