Berlibur ke Lombok? Jangan Lupa Nikmati Indahnya Pantai Mawun Juga!

Posted on

Apakah Anda sudah memiliki rencana liburan di musim liburan mendatang? Kalau belum, mungkin Anda bisa memasukan Pulau Lombok sebagai destinasi liburan Anda nantinya. Lombok yang terkenal dengan keindahan alamnya, tentu akan memanjakan mata Anda sekaligus melepas lelah dari kesibukan sehari-hari. Anda bisa mengunjungi pantai-pantainya yang terkenal, seperti pantai Senggigi, Gili Trawangan, Gili Air, serta Gili Meno. Namun, dari sekian banyaknya pantai yang terkenal itu, ternyata masih banyak yang belum tahu keberadaan Pantai Mawun. Seperti apa sih pantai tersebut? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Lokasi dan Akses Jalan ke Pantai Mawun

pantai mawun
Airnya yang begitu jernih dan pemandangannya yang indah akan membuat siapa pun yang melihatnya menjadi lebih rileks

Pantai Mawun merupakan salah satu pantai di Lombok yang terdapat di Kabupaten Lombok Tengah. Kalau dari Kota Mataram, Anda harus menempuh jarak sejauh 60 Km dan waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam. Ada 2 rute yang bisa Anda lalui, yaitu rute Mataram ke Cakranegara, kemudian dilanjutkan ke Kediri, Praya, Penujak, Selong Belanak, dan pada akhirnya sampai di Mawun. Rute keduanya yaitu dari Mataram ke Cakranegara, lalu Praya, Batunyale, Sengkol, Rambitan, Sade, Kuta, dan sampai di Mawun. Anda yang sedang mengunjungi Pantai Selong Belanak bisa dengan mudah mengunjungi Pantai Mawun, karena jaraknya lebih dekat. Anda bisa menempuhnya hanya sekitar 30 menit saja. Tapi, pada 9 Km terakhir, Anda akan mengalami sedikit kesulitan, karena jalannya yang sedikit rusak.

baca juga : Tempat Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi

Pesona Pantai Mawun yang Sangat Indah dan Menenangkan

pantai mawun lombok
Pantai Mawun sebenarnya masih belum banyak dikunjungi pengunjung jadi akan seperti pantai pribadi

Pantai ini cukup unik karena letak geografisnya berada di tengah-tengah 2 bukit hijau, yakni Bukit Nettem dan Bukit Pengolo, sehingga memberi kesan tertutup. Maka tidak heran, kalau belum banyak wisatawan yang mengunjunginya. Selain itu, garis pantai di Pantai Mawun ini juga sangat indah dan bentuknya pun sangat unik yang mirip dengan tapal kuda. Pasirnya pun juga tidak kalah unik, karena memiliki 2 jenis. Jika diperhatikan baik-baik, pada bagian baratnya Anda bisa merasakan pasir yang cukup kasar, karena memang tercampur serpihan-serpihan kerang. Tapi kalau Anda berpindah di bagian tengah pantainya, Anda akan merasakan kelembutan pasir putihnya. Yang perlu Anda ingat adalah, jangan bermain pasir di bagian baratnya karena pasirnya yang kasar dan bisa menimbulkan luka di kaki kalau tidak berhati-hati.

Kalau sudah bosan bermain pasir, Anda bisa bermain-main air pantainya yang berwarna biru jernih. Lalu, pada bagian tepinya Anda bisa melihat perpaduan airnya yang berwarna biru dengan hijau yang tentu akan menarik untuk Anda nikmati kejernihan airnya. Tentu dengan pemandangan airnya yang memukau akan membuat siapa pun betah bermain air di Pantai Mawun ini. Wisatawan-wisatawan yang hanya ingin menikmati keindahannya sekaligus bersantai dari tepi pantai pun akan ditemani anginnya yang sepoi-sepoi serta deburan ombak yang tidak kuat. Suasananya yang tenang akan membuat Anda bisa lebih rileks dari hiruk pikuk kota yang biasanya Anda lewati sehari-harinya. Agar lebih rileks, Pantai Mawun juga menawarkan penyewaan sunbed dengan harga yang murah. Jadi, Anda bisa lebih menikmati pesona pantai dan merasakan anginnya yang semilir.

baca juga : Jembatan Kaca Pantai Nguluran Gunung Kidul yang Unik

Biaya Karcis / Harga Tiket Masuk Pantai Mawun

pantai mawun kuta lombok
Pantai Mawun yang terletak di Lombok menyimpan keindahan yang menakjubkan

Untuk masuk ke dalam Pantai Mawun, setiap pengunjung wajib membayar tiket masuknya. Tidak perlu khawatir dengan harganya, karena untuk 1 pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp 5.000 saja. Sangat murah, bukan untuk berlibur menikmati indahnya pantai? Jadi, kalau Anda sebagai backpacker dan berlibur ke Lombok, mengunjungi Pantai Mawun bukanlah hal yang menyesalkan karena biayanya yang sangat bersahabat dengan kantong.