Balimau Kasai, Tradisi Sambut Ramadhan Masyarakat Kampar Riau

Posted on
Nusantara merupakan salah satu tempat yang memiliki beraneka ragam suku bangsa. Oleh karena itu, setiap suku pastinya memang menyimpan sejarah tersendiri. Selain sejarah, setiap suku  juga masih punya banyak sekali berbagai macam tradisi, budaya serta adat di setiap daerah dan hampir setiap daerah selalu memiliki tradisi maupun budaya masing-masing. Salah satu tradisi yang sangat kental di masyarakat Indonesia dan hingga saat ini masih saja dijalani adalah tradisi balimau kasai. Sebuah tradisi yang menjadi suatu simbol penghormatan untuk menyambut bulan suci Ramadhan ini ada di kecamatan Kampar Riau.

Balimau Kasai, tradisi istimewa masyarakat Kampar

Bagi masyarakat Riau, balimau kasai dijadikan sebagai sebuah upacara tradisional yang sangat istimewa bagi masyarakat setempat dalam menyambut bulan suci Ramadhan dan sebagai salah satu keistimewaan dari masyarakat dari Kampar sendiri. Memang di Indonesia sudah ada banyak sekali berbagai macam tradisi yang sering dijadikan sebagai suatu ajang untuk menyambut hari besar seperti contohnya tradisi yang ada di masyarakat Riau ini. Dengan begitu, sebagai seorang anak muda tentunya harus mengetahui aneka tradisi budaya dan adat dari berbagai macam daerah di Indonesia agar bisa melestarikan segenap budaya  maupun tradisi yang sudah dilestarikan dari turun temurun agar tidak luntur terkuras zaman.
balimau kasai
Balimau Kasai merupakan salah satu tradisi istimewa yang dilaksanakan oleh masyarakat Kampar, Riau setiap tahun

Balimau Kasai, tradisi bersuci menyambut bulan suci

Balimau kasai merupakan sebuah acara yang sering dilaksanakan sehari menjelang masuknya bulan puasa ramadhan, dimana upacara ini sering dijadikan sebagai ungkapan rasa syukur dan kegembiraan memasuki bulan puasa ramadhan. Selain itu juga sering dijadikan sebuah simbol penyucian diri dan pembersihan diri untuk melakukan kewajiban berpuasa. Dengan penyambutan hari suci Ramadhan ini menjadikan balimau kasai menjadi salah satu tradisi yang istimewa dan masih terjaga hingga saat ini. Di masyarakat Riau, balimau merupakan sebuah kata yang bermakna, dimana balimau ini dilakukan dengan cara mandi menggunakan jeruk  yang disebut dengan jeruk limau.  Jeruk limau ada beragam jenis entah itu Limau purut, Limau nipis dan Limau kapas. Seperti istilah pada umumnya limau ini juga diartikan sebagai sebuah jeruk, dengan begitu saat anda melihat tradisi ini anda pun akan mengetahui masyarakat Riau yang mandi dengan menggunakan campuran air dengan jeruk. Sedangkan makna dari kasai berarti wangi-wangian yang mana, kasai atau wangi-wangian ini dipakai saat berkeramas.  Masyarakat setempat mempercayai jika dengan memberikan pengharum rambut seperti halnya kasai, dipercaya dapat mengusir segala macam rasa dengki yang ada di dalam kepala,  karena mereka percaya dengan membersihkan berbagai macam ataupun perasaan jelek saat menjelang ataupun memasuki bulan puasa akan bisa mendapatkan berkah yang berlipat ganda,  yang tentunya sangat baik sekali untuk menjaga keimanan dan ketaqwaan Saat memasuki bulan puasa.
balimau kasai
Tradisi ini dilaksanakan dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan

Balimau Kasai, tradisi turun temurun masyarakat Kampar

Dengan keistimewaan tradisi dari masyarakat Riau ini ternyata telah menjadi salah satu tradisi yang sudah diakui oleh nusantara dan sebenarnya upacara pembersihan diri menjelang masuk bulan Ramadhan tidak hanya dilakukan oleh masyarakat Kampar Riau saja, akan tetapi beberapa masyarakat di suatu daerah di Indonesia juga sering melakukan berbagai macam tradisi untuk membersihkan diri saat dingin menjelang hari puasa Ramadhan.
Suatu tradisi turun temurun dari masyarakat Kampar Riau ini konon telah berlangsung sudah berabad-abad lamanya sejak kawasan tersebut masih dibawah kekuasaan kerajaan dan upacara ini bermula dari kebiasaan Raja Pelalawan,  akan tetapi sebagian masyarakat Riau juga percaya jika tradisi ini sudah ada sejak masyarakat terdahulu yang dianggap sebagai suatu tradisi campuran Hindu Islam yang telah ada sejak kerajaan Muara Takus berkuasa di daerah Riau. Tentu dengan adanya turun temurun dari masyarakat terdahulu tersebut haruslah dilestarikan hingga saat sekarang,  apalagi konsep dari tradisi yang sangatlah istimewa yang perlu untuk dijaga.
balimau kasai
Balimau Kasai merupakan tradisi yang sudah dilaksanakan secara turun temurun oleh masyarakat Kampar, Riau

 

Demikian artikel kami mengenai Balimau Kasai, Tradisi Sambut Ramadhan Masyarakat Kampar Riau. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.