Indahnya Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Posted on

Indahnya Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang. Lumajang merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Lokasinya berada di sisi selatan Jawa Timur.

Seperti halnya kita ketahui bahwa kawasan selatan Pulau Jawa didominasi oleh perbukitan. Oleh karena itu tidak heran jika daerah – daerah yang berada di kawasan selatan Pulau Jawa memiliki pesona keindahan alam yang aduhai.

Di kawasan Lumajang sendiri terdapat berbagai pesona alam yang indah. Mulai dari kawasan pantai hingga gunung dan pegunungan yang menarik untuk dikunjungi.

Pada artikel kali ini, masbei.com akan membahas mengenai salsh satu wisata alam yang berupa air terjun yang ada di Lumajang. Wisata air terjun ini bernama Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang. Ada pula beberapa orang yang menyebutnya dengan nama  Air Terjun Tumpang Sewu Lumajang. Berikut Artikelnya.

baca juga : Alamat, Lokasi dan Rute Menuju Coban Bidadari, Gubugklakah, Poncokusumo, Malang

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

air terjun tumpak sewu lumajang
Air Terjun Tumpak Sewu dari ketinggian gambar instagram.com/travelingdonk

Wisata air terjun Tumpak Sewu Lumajang memiliki pemandangan yang cukup unik. Keunikan ini terletak pada air yang mengair dari atas tebing dengan jumlah yang cukup banyak. Mungkin hal inilah yang mandasari tempat wisata alam ini dijuluki dengan julukan Air Terjun Tumpak Sewu, Tumpang Sewu, Coban Sewu dan juga Grojoga Sewu.

Kata “sewu” pada julukan di atas jika dalam bahasa Indonesia berarti seribu. Jika diartikan, Air Terjun Tumpak Sewu berarti air terjun dengan ribuan tingkatan. Julukan ini timbul karena banyaknya air yang mengalir di air terjun ini.

baca juga : Lokasi Alamat Bukit Bulu Coban Rais Batu Malang

Pesona Keindahan Aiir Terjun Tumpak Sewu

air terjun tumpang sewu
Air terjun yang cukup unik karena memiliki ciri khas berupa pancuran kecil yang jumlahnya cukup banyak. instagram.com/kacongkampret

Seperti halnya wisata air terjun yang lainnya, wisata Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang ini juga menyajikan pemandangan alam yang sangat indah.

Bagaimana tidak? Riuhnya gemuruh air yang turun dari ketinggian tebing yang diselumuti pemandangan hijau pepohonan, tentunya membuat pengunjung terbius akan keindahannya. Selain itu, lokasinya yang masih alami juga menjadi nilai tambah tersendiri bagi tempat wisata ini.

Banyaknya air yang turun dari ketinggian di tempat wisata ini juga membuat keunikan tersendiri di air terjun ini. Lazimnya air terjun terdiri dari sebuah pacuran raksasa. Namun pada air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 120 meter ini memiliki pancuran yang ukurannya relatif kecil namun jumlahnya banyak.

baca juga : Air Terjun Kedung Pedut, Wisata Indah di Kulon Progo

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Untuk menikmati air terjun indah yang ada di Lumajang ini, kita tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Kita hanya akan dikenakan tiket masuk untuk menikmati indahnya air terjun ini. Adapu harga tiket masuk Air Tejun Tumpak Sewu Lumajang ini hanya sebesar Rp. 3.000,- .

Sedangkan untuk memasuki dan mempergunakan spot berfoto, pengunjung akan dikenakan biaya tambahan. Biaya tambahan ini juga hanya sebesar Rp. 3.000,- saja.

Untuk parkir kendaraan bermotor, kita hanya dikenakan tarif parkir dengan nomonal Rp. 2.000,- saja. Murah dan terjangkau bukan?

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Air terjun indah ini berada di wilayah Lumajang bagian barat yang berbatasan dengan Kabupaten Malang yang juga memiliki aneka wisata alam yang memukau. Lebih tepatnya, alamat wisata alam air terjun ini berada di Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 65183.

Untuk menuju ke arel air tejun, ada teman – teman dapat mengikuti rute dari Kota Malang berikut ini:

Kota Malang – ambil jurusan ke arah Dampit – kemundian menuju ke Tirtomoyo. Setelah itu lanjutkan perjalanan hingga Pronojiwo kemudian perbatasan Malang dengan Lumajang. Kemudian ikuti jalan utama sekitar 100 meter. Setelah itu, ambil gang ke kiri hingga ke arah sungai. Nah, sebaiknya teman – teman memarkir kendaraan disini, karena perjalanan selanjutnya adalah berjalan kaki.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini lokasi Air Terjun Tumpag Sewu / Tumpak Sewu Lumajang yang saya ambil dari Google Maps.

 

Nah, itulah artikel singkat mengenai salah satu tempat indah yang ada di Lumajang. Semoga artikel Indahnya Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung di masbei.com. Salam Indonesia.