Air Terjun Toroan Madura yang Mempesona

Posted on

Air Terjun Toroan Madura yang Mempesona. Mungkin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia akan mengidentikkan Madura dengan sate, karapan sapi, dan celurit. Tidak heran karena hal – hal tersebut merupakan ciri khas dari Madura. Namun taukah teman – teman jika Pulau Madura menyimpan potensi wisata alam yang luar biasa?

Salah satu potensi wisata tersebut adalah sebuah air terjun. Air terjun ini bernama Air Terjun Toroan. Wisata air terjun ini cukup unik karena berbeda dari air terjun kebanyakan. Seperti apa keunikannya? Berikut artikel singkatnya dari masbei.com.

Pesona Air Terjun Toroan Madura

air terjun toroan madura
instagram.com/rudyharijanto67

Madura selain memiliki budaya karapan sapi yang khas, juga memiliki tempat wisata yang unik. Salah satunya adalah sebuah air terjun yang berada di sebelah utara Pulau Madura. Uniknya, air terjun yang bernama Air Terjun Toroan ini tidak berada di kawasan pegunungan. Air terjun ini  justru berada di pantai.

Jadi bisa dibilang jika berwisata di air terjun ini teman – teman dapat paket 2 in 1. Teman – teman dapat menikmati indahnya air terjun sekaligus pantai yang mempesona. Kombinasi ini tentunya cukup jarang kita temui di Indonesia.

Air terjun Toroan memiliki ketinggian kurang lebih 3 meter dari permukaan laut. Tidak terlalu tinggi memang, namun tetap menyajikan pemandangan yang mempesona.         Air yang turun dari atas tebing langsung jatuh ke laut membuat pemandangan di kawasan tempat wisata ini sangat menawan.

Di lokasi Air terjun Toroan ini para pengunjung juga dapat menikmati indahnya sunset maupun sunrise. Ya, disini teman – teman dapat menikmati indahnya pemandangan saat matahari terbit maupun tenggelam.

Tentunya pemandangan ini sangat menarik jika diabadikan dalam sebuah foto. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa perangkat fotografi kesayangan ya. Karena pemandangan di lokasi tempat wisata alam ini sangat fotogenik dan tentunya instagramable.

baca juga : Tempat Wisata Di Madura Yang Paling Populer

Fasilitas Air Terjun Toroan Madura

Di lokasi Air Terjun Toroan ini, fasilitas yang ada sudah cukup lengkap. Air terjun ini sudah dilengkapi toilet, musholla, areal parkir serta para penjaja makanan. Jadi teman – teman tidak perlu khawatir mengalami kesulitan dalam hal akomodasi di tempat wisata ini.

air terjun di madura
instagram.com/tikacu04_

Harga Tiket Masuk Air Terjun Toroan Madura

Pada saat artikel ini dibuat, untuk menikmati keindahan air terjun ini tidak dipungut biaya alias gratis. Para pengunjung hanya dikenakan biaya parkir bagi yang membawa kendaraan. Adapun tarif parkirnya masih wajar yaitu Rp. 10.000,- untuk kendaraan roda 4. Sedangkan untuk kendaraan roda 2, tarif parkirnya Rp. 5.000,- saja.

baca juga : Lokasi Alamat Bukit Bulu Coban Rais Batu Malang

Lokasi Air Terjun Toroan Madura

air terjun toroan madura
instagram.com/fajarhw

Air terjun yang mempesona ini berada di wilayah administrasi Kabupaten Sampang, Madura. Adapun alamat lengkapnya adalah Desa Ketapang Daya, Ketapang, Ketapang Daya, Ketapang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur 69261.

Lokasi Air Terjun Toroan ini berada kurang lebih 43 kilometer dari pusat kota. Jika dari jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Madura, jarak air terjun ini adalah 80 kilometer.

Air terjun ini dapat diakses dengan mudah menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Wisata air terjun ini dilewati oleh angkutan umum jurusan Sampang- Ketapang – Sokobanah.

Bagi teman – teman yang menggunakan kendaraan pribadi, kalian dapat mengikuti koordinat GPS pada peta berikut ini.

baca juga : Pesona Keindahan Gunung Ijen Wisata Alam Banyuwangi

Nah, itulah sekilas mengenai Air Terjun Toroan Madura yang mempesona. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke masbei.com, salam Indonesia.