Lokasi Air Terjun Putuk Truno Prigen yang Mempesona

Posted on

Lokasi Air Terjun Putuk Truno Prigen yang Mempesona. Prigen merupakan salah satu tempat di Jawa Timur yang  memiliki pemandangan yang sangat asri. Lokasinya yang asri membuat tempat ini menjadi salah satu tempat dengan air yang baik. Oleh karena itu, sumber air alami disini banyak dipersunakan untuk bahan baku air minum dalam kemasan.

Pada artikel kali ini, masbei.com akan menulis mengenai salah satu obyek wisata yang ada di Prigen. Tempat wisata ini tidak jauh dari air pegunungan. Obyek wisata indah di Prigen ini bernama Air Terjun Putuk Truno. Berikut artikelnya.

baca juga : Lokasi Taman Langit Batu Malang , Wisata Baru di Gunung Banyak

Pesona Air Terjun Putuk Truno Prigen

air terjun putuk truno prigen
Air Terjun Putuk Truno Prigen, sumber : instagram.com/travelmateku

Selama ini prigen dikenal sebagai salah satu tempat dengan sumber mata air yang baik. Tidak heran, karena memang di kawasan Prigen ini kondisi alamnya sangat asri. Belum banyak polusi yang mencemari sumber-sumber mata air di sini.

Selain itu, Prigen juga dikenal sebagai kawasan wisata yang indah. Salah satu tempat yang terkenal adalah Taman Safari II.

Nah, saat ini, Prigen nampaknya mengeksplor potensi wisatanya lebih dalam. Salah satunya adalah Air Terjun Putuk Truno yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

Air terjun ini memiliki ketinggian 45 meter. Airnya juga cukup deras mengalir. Selain itu, airnya juga sangat jernih. Tidak heran karena memang kualitas air di Prigen ini memang sangat baik.

Pemandangan yang ada di sekitar air terjun juga sangat menawan. Di sekeliling air terjun, pemandangan hijau akan menarik perhatian para pengunjung.

Udaranya yang sejuk khas pegunungan juga menjadi daya tarik tambahan untuk menarik para pengunjung kesini.

Jadi, dengan keadaan yang seperti ini, Air Terjun Putuk Truno merupakan tempat yang pas untuk berlibur. Dengan suara air terjun disertai hijaunya pemandangannya saja sudah sangat menarik.

Apalagi ditambah dengan udara yang sejuk, lingkungan yang asri dan bersih tentunya membuat kita menjadi fresh kembali. Kejenuhan akan rutinitas sehari – hari dapat teman – teman buang disini. Tapi jangan sampah ya yang dibuang. Kalau sampah, buanglah pada tempat yang sudah disediakan agar tidak merusak keindahan alam yang luar biasa ini.

baca juga : Alamat, Lokasi dan Rute Menuju Coban Bidadari, Gubugklakah, Poncokusumo, Malang

Fasilitas di Air Terjun Putuk Truno Prigen

wisata prigen
instagram.com/kamilaocyii20

Sebgai tempat wisata, tentunya fasilitas pendukung sangat diperlukan. Fasilitas – fasilitas ini dibutuhkan oleh pengunjung agar dapat menikmati liburan dengan nyaman. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pengunjung yang membatalkan kunjungan ke suatu tempat yang sebenarnya bagus, namun fasilitasnya tidak memadai.

Nah, fasilitas yang ada di Air Terjun Putuk Prigen ini sudah cukup memadai. Jadi jangan khawatir mengalami kesulitan karena kurangnya fasilitas di sini.

Di tempat wisata ini sudah tersedia kamar mandi. Tentunya fasilitas kamar mandi ini sangat penting. Selain untuk buang hajat, di tempat wisata air seperti ini pastinya dibutuhkan fasilitas untuk membersihkan diri dan berganti pakaian yang basah atau kotor saat bermain air.

Selain itu, terdapat juga penjaja makanan. Makanan ini dapat kita nikmati sembari duduk di kursi dan bangku yang sudah tersedia sambil menikmati keindahan alam. Tentunya dapat membuat wisata teman – teman menjadi semakin menarik.

Misteri dan Mitos Air Terjun Putuk Truno

Indonesia memang sangat kental dengan yang namanya mitos dan misteri. Terlebih di tempat yang dianggap wingit.

Begitu pula di Air Terjun Putuk Truno ini. Terdapat berbagai mitos yang beredar mengenai air terjun ini. Salah satunya adalah, seseorang yang berendam di bawah deburan air terjun ini, konon akan memiliki cinta yang sejati.

Namun, perlu diingat, itu hanyalah mitos belaka. Mungkin ada yang mempraktekkannya dan berhasil. Sebenarnya itu bukan karena mandi di bawah air terjun, tapi lebih karena percaya dirinya yang meningkat. Dengan percaya diri yang meningkat, dia akan melakukan tujuannya dengan lebih fokus dan bersemangat. Bukankah tak ada keberhasilan tanpa usaha?

Harga Tiket Masuk Air Terjun Putuk Truno

Untuk memasuki tempat wisata ini, kita diharuskan untuk membeli tiket masuk. Jangan khawatir, karena harga tiket masuk Air Terjun Putuk Truno ini cukup terjangkau.

Pengunjung yang berusia di atas 10 tahun, akan dikenakan tiket sebesar Rp. 10.000,-. Untuk pengunjung yang berusia di bawah 10 tahun tidak dipungut biaya tiket.

Sedangkan untuk parkir kendaraan dikenakan tarif sebesar Rp. 2.000,- untuk sepeda motor, dan Rp. 5.000,- untuk mobil.

Lokasi Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno ini berada di Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157. Untuk Mencapai tempat ini juga cukup mudah. Teman – teman cukup menuju ke Kecamatan Prigen. Kemudian ke Polsek Prigen. Di simpang tiga Polsek Prigen, kita ambil jalur ke kiri. Lokasi Air Terjun Putuk Truno berada kurang lebih 200 meter dari persimpangan ini.

Masig bingung? Jangan khawatir, berikut ini koordinat GPS Air Terjun Putuk Truno yang diambil dari Goggle Maps.

Yak, saya rasa cukup sekian dulu artikel mengenai Air Terjun Putuk Truno yang mempesona. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke masbei.com. Jangan buang sampah sembarangan, Salam Indonesia.