Air Terjun Lepo Dlingo yang Asri dan Mempesona

Posted on

Air Terjun Lepo Dlingo yang Asri dan Mempesona. Berbicara tentang wisata di Jogja memang tidak ada habisnya. Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini memang taerdapat banyak sekali tempat wisata yang tersebar di berbagai penjuru. Selain itu, beberapa tahun terakhir banyak sekali obyek wisata yang baru bermunculan. Mungkin masyarakat mulai menyadari potensi wisata di daerahnya dan mulai mengoptimalkan potensi tersebut. Salah satu tempat yang banyak terdapat obyek wisata baru adalah wilayah Kabupaten Bantul. Sebut saja Hutan Pinus Mangunan, Puncak Becici, dan sebagainya.

Diantara tempat wisata baru di daerah Bantul tersebut, ada sebuah wisata air yang cukup eksotis. Namanya adalah Air Terjun Lepo Dlingo. Berikut artikel singkatnya dari masbei.com.

baca juga : Peta Rute Menuju Bukit Panguk Kediwung, Dlingo, Bantul

Air Terjun Lepo Dlingo yang Asri

air terjun lepo dlingo
instagram.com/putradeficilios

Mungkin selama ini Dlingo dikenal dengan tempat wisatanya yang berupa Hutan Pinus. Memang tidak salah, karena mayoritas wisata yang ada disini adalah berupa wisata pegunungan dengan tanaman pinus. Namun ternyata, ada sebuah air terjun bernama Air Terjun Lepo Dlingo yang tersembunyi di daerah Dlingo ini.

Air Terjun Lepo bukan merupakan air terjun yang tinggi seperti yang biasa ditemui di daerah Malang. Wisata air terjun yang juga disebut dengan Air Terjun Ledok Pokoh ini hanya memiliki ketinggian beberapa meter saja. Namun demikian, hal ini tidak mengurangi keindahan suasana alam di tempat wisata ini.

Lingkungan di sekitar air terjun ini masih sangat hijau dan asri. Oleh karena itu, sangat cocok untuk melepaskan penat karena rutinitas sehari – hari. Udaranya juga masih sejuk karena jauh dari hiruk – pikuk kendaraan dengan polusi udaranya.

Terdapat beberapa kolam di area Air Tejun Lepo ini. Kolam – kolam ini merupakan kolam yang terbentuk secara alamiah.  Oleh penduduk sekitar, kolam alami ini juga disebut dengan istilah curug.

Curug ini memiliki kedalaman yang bervariasi. Yang paling dangkal berkisar antara 70 centimeter hingga yang paling dalam dengan kedalaman sekitar 2 nmeter. Jadi, bagi yang hobi berenang atau bermain air, dapat melampiaskan hobinya disini.

Untuk kondisi air, tentunya sangat bergantung terhadap cuaca. Jika pada kondisi normal atau tidak habis / sedang hujan, air di Air Terjun Lepo ini cukup jernih. Kita bisa melihat dasar curug pada kondisi ini.

Namun, jika hujan, air cenderung keruh. Ya, normal lah untuk wisata air terjun, karena pada saat hujan air yang berasal dari aliran sungai di atas membawa tanah yang hanyut karena air hujan. Oleh karena itu, jika ingin mengunjungi tempat ini sebaiknya pada saat cuaca cerah dan tidak habis hujan.

baca juga : Air Terjun Kedung Pedut, Wisata Indah di Kulon Progo

Fasilitas di Air Terjun Lepo Dlingo

grojogan lepo dlingo
instagram.com/evavindri

Untuk fasilitas yang ada sudah cukup menunjang kegiatan wisata di tempat ini. Sudah ada kamar mandi yang tentunya sangat dibutuhkan sehabis bermain air atau berenang.

Selain itu, juga sudah ada warung – warung yang menyediakan makanan dan minuman. Jadi jangan khawatir kehabisan bekal disini. Meskipun demikian, kita tetap harus menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Ya, seperti yang kita ketahui, sampah sudah banyak merusak tempat – tempat indah di Indonesia. Jadi, jangan menjadi perusak lingkungan, mari kita jaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.

baca juga : Pintu Langit Dahromo, Lokasi Berfoto Menawan di Jogja

Harga Tiket Masuk Air Terjun Lepo Dlingo

curug lepo
instagram.com/calvinnup

Untuk memasuki kawasan air terjun ini, tidak ditentukan tarif tiket masuknya. Pengunjung hanya membayar biaya sukarela untuk perawatan Air Terjun Lepo Dlingo ini. Besarnya juga sesuai keikhlasan para pengunjung.

Bagi teman – teman yang membawa kendaraan, dapat memarkirkan kendaraan pada tempat yang telah disediakan. Tarif parkirnya adalah Rp. 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp. 10.000,- untuk mobil.

baca juga : Rute Lokasi Tebing Watu Mabur, Bantul Jogja

Rute dan Lokasi Air Terjun Lepo Dlingo

air terjun dlingo
instagram.com/odingginanjar

Lokasi Air Terjun Lepo ini berada di kawasa Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk menuju ke kawasan obyek wisata ini cukup mudah. Teman – teman dapat mengikuti rute berikut ini :

Dari Terminal Giwangan kita menuju ke arah selatan (Jl. Imogiri Timur). Ikuti jalan ini hingga menemukan Pasar Dlingo. Tidak jauh dari pasar, teman – teman akan menemukan Dusun Pokoh 1. Nah, kendaraan teman – teman dapat dititipkan disini karena perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju ke Air Terjun.

Bingung? Jangan khawatir, teman- teman dapat bertanya kepada penduduk sekitar kok, pasti dijawab asal kita bertanya dengan sopan (mematikan mesin, melepas helm, turun dari kendaraan).

Teman – teman juga dapat mengikuti koordinat GPS dari Google Maps berikut untuk menuju ke Air Terjun Lepo Dlingo ini.

baca juga :Ini Dia Wisata Bukit Lintang Sewu yang Mempesona

Nah, itulah artikel singkat mengenai salah satu wisata indah yang tersembunyi yaitu Air Terjun Lepo Dlingo. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke masbei.com. JAGA LINGKUNGAN DENGAN TIDAK BUANG SAMPAH SEMBARANGAN, salam Indonesia.