Air Terjun Kedung Pedut, Wisata Indah di Kulon Progo

Posted on

Air Terjun Kedung Pedut, Wisata Indah di Kulon Progo – masbei.com. Akhir- akhir ini banyak dibuka obyek wisata alam untuk umum. Tempat yang dulunya hanya diketahui oleh warga sekitar saat ini mulai digali potensi pariwisatanya. Terlebih dengan berkembang pesatnya arus informasi melalui sosial media membuat segala sesuatu kabar menjadi sangat mudah tersebar dan menjadi viral.

Oleh karena itu tidak heran jika pengelola obyek wisata memanfaatkan sosial media sebagai ajang promosi yang efektif dan efisien. Salah satu media sosial yang sedang booming saat ini adalah Instagram yang digunakan untuk berbagi gambar. Oleh karena itu, para pengelola tempat wisata maupun kuliner berlomba – lomba untuk membuat daerahnya menjadi menarik untuk difoto.

Salah satu tempat wisata alam yang indah tersebut adalah air terjun Kedung Pedut yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

baca juga : Daftar Tempat Wisata Menarik Yang Harus Dikunjungi di Jogja

Pesona Keindahan Air Terjun Kedung Pedut

Dalam Bahasa Jawa, kedung dapat diartikan dengan telaga kecil. Nah, sesuai dengan namanya, obyek wisata Kedung Pedut ini berupa kolam yang terbentuk secara alami. Dalam kompleks air terjun ini, tidak hanya ada satu kolam, namun ada beberapa kedung dengan kedalaman yang bervariasi mulai satu hingga kurang lebih empat meter. Kedung- kedung ini memiliki nama masing – masing, kedung yang terbesar diberi nama Kedung Pedut oleh warga sekitar.

Air Terjun Kedung Pedut
Lingkungan yang hijau di sekitar Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut menawarkan keindahan yang menawan. Lingkungan yang hijau dengan suara gemercik air terjun serta sejuknya udara membuat lokasi wisata yang baru dibuka pada tahun 2015 ini sangat cocok untuk melepas penat dan stress akibat rutinitas sehari – hari.

Kolam Air Alam Dengan Warna yang Unik

Selain air terjunnya yang menarik, kedung- kedung yang berada di sekitar air terjun Kedung Pedut juga menawarkan keunikan tersendiri. Keunikan tersebut antara lain adalah warna airnya yang memiliki dua warna. Warna pertama adalah warna air jernih layaknya pada air terjun pada umumnya, sedangkan warna yang kedua adalah warna hijau tosca. Warna tosca ini tentunya tidak dapat ditemui di semua air terjun karena kemungkinan warna ini dipengaruhi oleh batuan yang berada di dasar kedung.

Teman – teman tidak hanya bisa memandangi keindahan alam air terjun Kedung Pedut ini. Bagi yang senang bermain air, kolam – kolam alami ini juga bisa digunakan untuk bermain air. Namun memang tidak semua kolam bisa digunakan untuk berenang, teman – teman dapat berenang di kolam yang sudah ditentukan oleh pengelola. Tentunya pengelola juga telah mempertimbangkan aspek keselamatan pengunjung.

air terjun kedung pedut
Air yang berwarna hijau tosca merupakan keunikan tersendiri yang terdapat di air terjun kedung pedut in

Bagi yang gemar berfoto, teman – teman juga dapat berfoto dengan background pemandangan yang menarik. Di Kedung Pedut ini tersedia gardu pandang, dari atas gardu pandang, kita bisa melihat keseluruhan Air Terjun Kedung Pedut dan kedung – kedung di sekitarnya.

baca juga : Lokasi Watu Tekek Kulonprogo, Wisata Baru di Jogja

Lokasi Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut berada di wilayah Kabupaten Kulon Progo. Tepatnya, lokasi air terjun ini berada di Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674. Jika teman- teman dari Kota Yogyakarta, untuk menuju ke lokasi dapat mengikuti rute berikut :

Tugu Jogja ambil ke arah barat hingga sampai ke Ring Road Barat (lampu merah Demak Ijo), kemudian ambil ke arad Godean (jalan Godean) hingga ke lampu merah Nanggulan, kemudian ambil rute menuju ke Pasar Kenteng, setelah melewati tanjakan pegunungan menoreh, ambil ahat menuju ke Pasar Jonggrangan / Goa Kiskendo. Setelah melawati Goa Kiskendo, teman- teman akan menemukan pertigaan, ambil arah kiri hingga ke pertigaan Grojogan Muda, ambil arah kiri hingga ke Air Terjun Kembang Soka. Pertigaan setelah gerbang Air Terjun Kembang Soka teman – teman ambil arah kiri hingga mnuju ke Air Terjun Kedung Pedut. Oh iya, dari lokasi parkir, teman – teman harus melanjutkan berjalan kaki kurang lebih selama 15 menit untuk dapat mencapai lokasi air terjun.

Bagi teman – teman yang masih bingung dengan rute tersebut, teman teman dapat mengikuti peta Kedung Pedut dari koordinat GPS yang saya ambil dari Google Maps berikut ini.

baca juga : Lokasi dan Rute Menuju Tebing Breksi Jogja

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Pedut

Pemandangan yang indah tidak harus dibayar mahal. Nampaknya hal ini berlaku di obyek wisata alam Air Terjun Kedung Pedut ini. Harga tiket masuk yang ditetapkan oleh pengelola adalah sebesar Rp. 3.000,- untuk setiap pengunjung. Cukup terjangkau bukan? Meskipun demikian bukan berarti kita bisa berbuat semaunya karena merasa telah membayar tiket masuk.

Kita tetap wajib menjaga etika dan sopan santun, terutama masalah kebersihan. Kita tahu bahwa kesadaran pengunjung tempat wisata di Indonesia untuk menjaga kebersihan masih tergolong sangat rendah. Oleh karena itu, sebagai generasi yang bermoral, mari kita budayakan untuk membuang sampah pada tempatnya. Jangan sampai keindahan alam rusak karena ulah kita.

baca juga : Kebun Teh Kulon Progo di Nglinggo Wisata Jogja yang Indah dan Asri

Saya rasa cukup sekian artikel Air Terjun Kedung Pedut, Wisata Indah di Kulon Progo ini. Jika ada kesalahan atau ada hal – hal yang kurang berkenan saya mohon maaf. Terima kasih telah berkunjung ke masbei.com. Terima kasih dan Salam Indonesia.