Pesona Air Terjun Kabut Pelangi Pronojiwo Lumajang

Posted on

Pesona Air Terjun Kabut Pelangi Pronojiwo Lumajang. Lumajang yang berada di Jawa Timur ternyata menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Kawasannya yang memiliki kontur berupa perbukitan yang menghampar di bagian selatan membuat Lumajang kaya akan tempat – tempat yang memiliki panorama yang menawan. Namun memang tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar tempat – tempat indah tersebut belum dapat diexplore secara maksimal. Sebagian besar memang memiliki akses yang cukup susah untuk dicapai. Salah satu yang sudah masbei.com tulis adalah Air Terjun Tumpak Sewu yang memiliki panorama yang menawan.

Salah satu wisata alam yang memiliki panorama indah di Lumajang adalah Air Terjun Kabut Pelangi. Air terjun yang oleh masyarakat sekitar juga disebut dengan nama Coban Kabut Pelangi ini merupakan salah satu tempat yang mulai dioptimalkan potensi wisatanya.

Indahnya Air Terjun Kabut Pelangi Pronojiwo Lumajang

air terjun kabut pelangi
instagram.com/dinn__94

Nama Air Terjun Kabut Pelangi ini diberikan oleh penduduk sekitar sesuai dengan penampakannya. Air yang terpercik karena membentur bebatuan ini membiaskan cahaya matahari. Pembiasan ini mengakibatkan muculnya fenomena pelangi. Oleh karena itu, air terjun ini disebut dengan Air Terjun atau  Coban Kabut Pelangi.

Seperti layaknya wisata air terjun pada umumnya, Air Terjun Kabut Pelangi juga memiliki daya tarik berupa gemuruh air yang mengucur dari atas tebing. Air ini meluncur deras dari atas tebing yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter.

Selain air terjunnya yang cukup tinggi, lokasi Air Terjun Kabut Pelangi ini juga berada pada dataran yang cukup tinggi. Coban Kabut Pelangi ini berada pada lokasi dengan ketinggian kurang lebih 1.229 meter diatas permukaan laut. Oleh karena itu, udara disini sangat sejuk disamping juga karena rindangnya pepohonan dan tentunya guyuran air yang cukup deras ini.

Suasananya yang masih asri membuat hewan – hewan liar seperti burung masih dapat dijumpai di lokasi Air Terjun Kabut Pelangi ini. Tentunya kicauan burung – burung liar ini menambah keasrian tempat wisata di Lumajang ini. Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok buat ngadem dan melepaskan beban akibat rutinitas sehari – hari.

baca juga : Indahnya Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Fasilitas Air Terjun Kabut Pelangi Pronojiwo Lumajang

coban kabut pelangi lumajang
instagram.com/luckymarsal

Meskipun keadaannya masih alami, namun di lokasi Coban Kabut Pelangi ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas. Fasilitas- fasilitas ini tentunya ditujukan agar para pengunjung tempat ini menjadi semakin nyaman dan betah. Air Terjun Kabut Pelangi ini sudah dilengkapi dengan toilet / kamar mandi, areal parkir, musholla, dan sebagainya.

Bagi teman – teman yang gemar berkemah, kalian dapat melakukan kegemaran tersebut disini. Di lokasi Air Terjun Kabut Pelangi ini tersedia camping ground untuk mengakomodasi pengunjung yang ingin berkemah disini.

baca juga : Alamat, Lokasi dan Rute Menuju Coban Bidadari, Gubugklakah, Poncokusumo, Malang

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kabut Pelangi

air terjun kabut pelangi lumajang
instagram.com/lela_ristiani

Untuk menikmati keindahan alam yang menawan di lokasi Air Tejun Kabut Pelangi ini kita tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Kita cukup membayar Rp. 5.000,- untuk menebus tiket masuk Coban Kabut Pelangi ini.

Murah meriah bukan? Ya tentunya, namun demikian walaupun kita sudah membeli tiket masuk, kita tetap harus menjaga keasrian alamnya. Jangan mentang – mentang sudah membayar, kita terus merasa bisa berbuat semau kita. Mari kita tumbuhkan rasa untuk menjaga keindahan lingkungan kita. Jangan kita kotori dengan sampah atau kita rusak, ingat, kita diciptakan untuk memanfaatkan dan menjaga segala yang ada di muka bumi.

baca juga : Lokasi Alamat Bukit Bulu Coban Rais Batu Malang

Lokasi Air Terjun Kabut Pelangi

Seperti yang sudah Masbei ungkapkan di atas, Air Terjun Kabut Pelangi ini terletak di wilayah Lumajang. Adapun alamat lengkapnya adalah Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67374.

Letak Air Terjun Kabut Pelangi ini berada tidak jauh dari jalan Malang – Lumajang. Bila dari Kota Malang, air terjun ini berjarak kurang lebih 78  kilometer. Jika ditempuh dengan kendaraan pribadi, waktu tempuh yang diperlukan berkisar antara 2,5 jam.

Jika teman – teman ingin mengunjungi air terjun yang menawan ini, teman – teman dapat mengikuti koordinat GPS yang diambil dari Google Maps Berikut ini.

Nah itulah salah satu keindahan alam yang dimiliki oleh Kabupaten Lumajang. Tentunya masih banyak lagi potensi wisata alam lainnya yang dapat kita temui di Lumajang. Ya, semoga potensi yang tersembunyi tersebut dapat diekplorasi lagi. Memang cukup dilematis karena seringkali keindahan alam yang indah menjadi rusak begitu dibuka untuk umum.

Saya rasa cukup sekian dulu artikel mengenai Air Terjun Kabut Pelangi Pronojiwo, Lumajang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke masbei.com, salam Indonesia.