Air Terjun Goa Rang Reng, Destinasi Wisata Indah Mempesona

Posted on

Berbicara mengenai wisata alam di Bali, Pantai Kuta mungkin yang paling terkenal. Namun, sebenarnya Bali menyimpan banyak destinasi lain yang tidak kalah menakjubkan, salah satunya adalah Air Terjun Goa Rang Reng di daerah Gianyar. Air Terjun Goa Rang Reng sendiri memang belum lama mendapatkan perhatian dari para traveler meski oleh warga lokal sendiri sangat terkenal karena bagian hulu air terjun dan goa selalu digunakan sebagai tempat menggelar upacara umat Hindu setempat, sehingga ketika lokasi tersebut difungsikan ganda sebagai tempat wisata, terdapat peraturan bagi pengunjung untuk mengenakan pakaian sopan dan khusus wanita dilarang berkunjung jika tengah datang bulan, guna menjaga kesuciannya.

Keunikan Air Terjun Goa Rang Reng

Air Terjun Goa Rang Reng
Air Terjun Goa Rang Reng

Sebagian wisatawan mungkin memiliki prasangka air terjun goa rang reng tidak berbeda dengan air terjun di daerah lain. Namun, anggapan itu akan langsung terbantahkan saat mereka berdiri tepat di depan objek wisata baru yang populer melalui unggahan para traveler di sosial media ini. Jika umumnya air terjun memiliki arus air yang tercurah lurus dari puncak ke bawah, maka air terjun goa rang reng memiliki arus air berundak hingga tampak bagaikan tanjakan, di mana arusnya tidak terlalu deras, sehingga pengunjung dapat menyusuri undakan tersebut sekaligus bermain air sepuas hati. Sedangkan di puncak air terjun, terdapat goa suci khusus umat Hindu setempat.

baca juga : Berlibur ke Lombok? Jangan Lupa Nikmati Indahnya Pantai Mawun Juga!

Keseruan Yang Ditawarkan Oleh Air Terjun Goa Rang Reng

goa rang reng
Seluncur Ban Karet (Tubing) Air Terjun Goa Rang Reng

Menikmati kesegaran guyuran air terjun secara langsung melalui undakan yang ada merupakan satu dari sekian banyak kesenangan yang bisa didapatkan di air terjun goa rang reng. Panorama yang indah di sekitar merupakan hal lain yang dapat dinikmati sekaligus wajib diabadikan melalui jepretan kamera. Berswafoto di sana atau menjadikan pemandangan sekeliling sebagai objek akan menghasilkan foto-foto mengagumkan. Tidak hanya sampai di situ, bagi wisatawan yang menyukai tantangan dapat pula menyewa ban karet untuk berseluncur ria. Tetapi agar dapat menikmati semua itu, disarakankan untuk berkunjung saat musim kemarau saja, karena pada musim hujan, debit air meningkat dan lokasi menjadi berbahaya untuk dikunjungi.

Lokasi, Sarana Transportasi, Tiket Dan Fasilitas Air Terjun Goa Rang Reng

air terjun
Fasilitas Warung Makanan Air Terjun Goa Rang Reng

Goa Rang Reng memiliki lokasi tepat di Desa Bakbakan, Kecamatan Gianyar, Bali. Jaraknya kurang lebih sekitar tiga puluh kilometer dari pusat kota Denpasar. Jaraknya relatif jauh dari pusat kota, sehingga tidak ada transportasi umum yang menjangkaunya. Jika wisatawan memang tidak membawa kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat dapat mengakses jalanan menuju air terjun goa rang reng, maka dapat menyewa kendaraan dari rental kendaraan yang bertebaran di seantero Denpasar atau menggunakan jasa taksi wisata. Perjalanan dapat memakan waktu 2-3 jam, tergantung pada kecepatan kendaraan serta kondisi lalu lintas.

baca juga : Air Terjun Kedung Pedut, Wisata Indah di Kulon Progo

Meski memakan waktu perjalanan yang cukup lama dan melelahkan, namun semua itu akan terbayar dengan segala keseruan yang akan didapatkan di air terjun goa rang reng. Terlebih, tiket masuk yang dibanderol oleh pihak pengelola pun sangat terjangkau, hanya Rp. 5.000,- saja per orang ditambah dengan retribusi parkir kendaraan, untuk motor Rp. 3.000,- dan Rp. 5.000,- bagi kendaraan roda empat. Fasilitas yang tersedia di sana juga cukup lengkap, antara lain toilet, ruang ganti pakaian, serta warung-warung penjaja makanan. Kawasan air terjun goa rang reng buka setiap hari pukul 08.00 – 18.00 WITA, namun disarankan tidak kembali terlalu petang karena pencahayaan agak kurang.