7 Pilihan Tempat Wisata di Pacitan yang Paling Menarik Hati

Posted on
Pacitan menawarkan tempat wisata yang memili daya tarik yang menawan, terutama pada wisata alammya. Hal ini tidak terlepas dari Pacitan yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan wilayahnya dikelilingi pegunungan kapur (karst). Teman-teman bisa menemukan sejumlah pantai yang menarik di daerah tempat kelahiran Presiden RI ke-6 ini, Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY). Selain pantai, Pacitan juga memiliki sejumlah goa yang begitu banyak dan menarik untuk ditelusuri. Tidak heran Pacitan disebut juga dengan Kota 1001 Goa.
Pacitan merupakan sebuah kabupaten yang terletak di ujung barat daya provinsi Jawa Timur. Memang Jawa Timur dikenal memiliki berbagai tempat wisata yang tersebar di kabupaten / kotanya, seperti wisata di Malang, KediriBlitar, dan lain-lain. Oke, kembali ke topik bahasan tempat wisata di Pacitan. Lokasi Pacitan berjarak 100 km dari Solo atau 270 km dari kota Surabaya. Perjalanan menuju Pacitan membutuhkan waktu sekitar 5-6 jam dari Surabaya. Pacitan memang terkenal dengan pesona pantai dan goa yang dimilikinya sebagai daya tarik utama wisata alamnya. Tidak heran pantai di Pacitan selalu ramai dikunjungi wisatawan. Keramainan pengunjung juga terjadi pada objek wisata goa di Pacitan yang umumnya berlokasi di lereng perbukitan. Berikut tempat wisata di Pacitan yang menarik untuk dikunjungi.

1.      Tempat wisata di Pacitan, Pantai Watu Karung

Pantai Watu karung berada di desa Watu Karung, kecamatan Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini menyuguhkan panorama yang indah dengan pasir putihnya. Pantai Watu Karung merupakan sebuah pantai di Pacitan yang menjadi tempat surfing berkelas dunia. Hal ini tidak terlepas dari daya tariknya yang terletak pada keganasan ombak yang dimiliki Pantai Watu Karung ini. Pada tahun 2009, peselancar top Indonesia yaitu Rizal Tanjung mengajak temannya yang bernama Bruce Irons, sebagai juara Rip Curl Pro Search 2008, untuk menjajal ombak Pantai Watu Karung di Pacitan ini. Tempat surfing ini sama menariknya seperti di Pantai Plengkung Banyuwangi atau Desert Point (Bangko-Bangko) Lombok.
tempat wisata di pacitan
Pantai Watu Krung merupakan salah satu spot untuk surfing yang sangat menarik

2.      Sungai Maron Pacitan

Sungai Maron berada di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Sungai yang panjangnya 4,5 km ini disebut juga ‘Green Canyon’ nya Pacitan. teman-temanbisa menikmati pesona green canyon ini dengan menyewa perahu penduduk untuk menyusuri alur sungai. Selama penyusuran, Teman-teman akan mendapatkan pengalaman yang menawan hati dan merasakan suasana damai. Teman-teman bisa menikmati panorama alam dari pepohonan hijau di sepanjang tepian sungai, tanaman kelapa, dan air sungai yang jernih. Aliran Sungai Maron ini bermuara di Pantai Ngiroboyo. Setiap tahunnya, lomba dayung diadakan di sungai ini yang telah dimulai sejak tahun 2012.
tempat wisata di pacitan
Sungai Maron dijuluki sebagai Green Canyon nya Pacitan

3.      Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar terbilang masih alami yang merupakan salah satu objek wisata unggulan di Pacitan. Lokasi pantai ini berada di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Perjalanan menuju lokasi Pantai Klayar membutuhkan waktu sekitar 60 menit dengan jarak tempuhnya sekitar 40 km dari kota Pacitan.
Selain pasirnya yang seputih susu, daya tarik pantai ini juga ditambah dari karang berbentuk menyerupai Sphink, seruling laut, karang bolong, dan juga air mancur yang sangat alami dengan ketinggian mencapai 10 meter. Teman-teman bisa bermain-main di air lautnya, namun tidak diperbolehkan melakukan kegiatan berenang. Di Pantai Klayar, tersedia menara pandang yang memudahkan teman-teman untuk menikmati panorama eksotiknya.

4.      Pantai Teleng Ria Pacitan

Pantai Teleng Ria merupakan pantai yang lokasinya paling dekat dengan kota Pacitan karena bisa ditempuh dalam waktu 5 menit dari pusat kota Pacitan. Lokasi tepatnya berada di Jalan WR Supratman, Sidoharjo, masuk dalam wilayah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini menyuguhkan hamparan pasir yang indah dan pemandangan pantai yang mempesona. Teman-teman bisa bermain di tepi pantai, berenang, dan melakukan banyak kegiatan lain yang tidak kalah menarik. Ombak di pantai ini juga tidak terlalu besar, sehingga sangat cocok untuk teman-teman yang ingin belajar surfing.

5.      Pemandian Banyu Anget Pacitan

Pemandian Banyu Anget berada sekitar 15 km sebelah utara pusat kota Pacitan. teman-teman bisa dengan mudah sampai ke lokasi tempat pemandian air panas di Pacitan ini. Air yang ada di tempat Pemandian Banyu Anget bersumber dari air panas Tirto Husodo di Pacitan. Tempat wisata ini menyediakan banyak kolam air panas. Diantaranya tersedia 4 kolam untuk pemandian, 2 kolam renang dewasa, kolam renang anak-anak, serta kolam tempat sumber air panas.

6.      Goa Tabuhan Pacitan

Goa Tabuhan berada di dusun Tabuhan, Desa Wereng. Goa yang ada di Pacitan ini terkenal dengan karakter magisnya. Nama goa ini berasal dari kata tabuh yang memiliki arti membunyikan alat musik pukul. Hal ini tidak terlepas dari keunikan stalaktit dan stalagmit yang dimiliki goa di Jawa Timur yang satu ini. Di dalam goa, teman-teman bisa menikmati musik gamelan Jawa dengan instrumen yang berasal dari stalaktit dan stalagmit.

7.      Goa Gong Pacitan

Goa Gong merupakan sebuah goa yang indah dan cukup dalam diantara gugusan goa yang berada di sekitarnya. Lokasi goa ini berada di Desa Bomo Kecamatan Purung Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Perjalanan menuju lokasi Goa Gong ini
terbilang relatif mudah karena telah tersedia jalanan setapak. Pemberian nama Goa Gong berhubungan erat dengan nama salah satu perangkat gamelan di Jawa, yaitu gong. Hal ini tidak terlepas dari sebuah batu yang bila dipukul akan mengeluarkan bunyi layaknya sebuah gong yang ditabuh.

Itulah 7 pilihan tempat wisata di Pacitan yang paling menarik hati. Semoga bisa menambah referensi alternatif tempat liburan teman – teman. Demikian artikel ini, banyak kekurangan saya mohon maaf. Terima kasih dan salam Indonesia.