8 Pesona Tempat Wisata di Blitar yang Paling Populer

Posted on
Blitar memiliki tempat wisata yang tidak hanya menyimpan pesona memikat, tetapi juga kental akan nilai sejarah.Terdapat beberapa obyek wisata yang cukup terkenal di sini. Teman – teman bisa berkunjung ke makam dan museum Bung Karno, Bapak Proklamator. Kedua tempat wisata tersebut akan memberikan banyak hal terutama yang ada hubungannya dengan sejarah dari perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia dan pemikiran pokok Bung Karno tentang cita-cita Indonesia merdeka.
Selain mengenal sosok Bung Karno, teman – teman juga bisa menemukan sejumlah tempat wisata di Blitar yang menarik lainnya. Misalkan Candi Penataran yang diyakini sebagai tempat Gadjah Mada mengucapkan Sumpah Palapa. Kemudian, menikmati keindahan pantai di Blitar yang tidak kalah menarik dari daerah lain di Indonesia. Jika teman-teman berencana melakukan wisata di Blitar , berikut  tempat wisata di Blitar yang terkenal dan menarik untuk dikunjungi.

1. Water Park Sumberudel, tempat wisata di Blitar

Water Park Sumberudel merupakan taman air terbesar yang ada di Karesidenan Kediri, Jawa Timur. Tempat wisata ini menyediakan dua kolam renang dengan air yang begitu bersih, untuk dewasa dan anak-anak.
Fasilitas lain yang ada di Water Park Sumberudel, diantaranya ada tempat bermain anak-anak, Panggung Gembira yang menampilkan kesenian khas Blitar setiap tahun, penyewaan dan penitipan alat renang, serta tempat parkir yang memadai. Tidak heran tempat wisata ini selalu ramai pengunjung, bahkan banyak pelancong dari Tulungagung dan Kediri datang bermain ke Water Park Sumberudel Blitar ini.
tempat wisata di Blitar
Waterpark Sumberudel merupakan salah satu tempat wisata di Blitar yang bisa teman-teman kunjungi

 2.      Candi Penataran, tempat wisata di Blitar

Candi Penataran adalah sebuah kompleks candi yang paling besar di Jawa Timur dan berlokasi di kaki Gunung Kelud. Kawasan Candi Penataran memiliki hawa alam yang begitu sejuk. Tempat wisata di Blitar yang satu ini terkenal dengan nilai sejarah yang tua. Secara historis, Candi Penataran telah berdiri di era tiga kerajaan besar Nusantara, yaitu Kediri, Singasari, dan Majapahit.
Candi ini merupakan tempat di mana para raja diangkat sekaligus menjadi tempat upacara pemujaan pada Sang Pencipta. Sementara menurut legenda masyarakat setempat, Candi Penataran diyakini sebagai tempat dimana Gajah Mada mengucapkan sumpahnya yang terkenal dengan nama Sumpah Palapa. Gajah Mada bersumpah akan mempersatukan nusantara di bawah naungan Majapahit.
tempat-wisata-di-blitar
Candi Penataran merupakan tempat wisata sejarah di Blitar

3.      Kebon Rojo Blitar

Kebon Rojo Blitar memiliki nama resmi Taman Wisata Kebonrejo. Lokasinya berada di jantung kota Blitar dan tepat di sebelah barat rumah dinas walikota Blitar. Kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini, diantaranya bersantai, bermain-main, menyantap jajanan dan aneka makanan yang ditawarkan di kawasan Kebon Rojo. Tempat wisata di Blitar ini selalu ramai pengunjung, terlebih ketika akhir pekan. Tidak jarang juga Taman Wisata Kebonrejo ini dijadikan sebagai tempat acara anak-anak pada hari-hari tertentu, seperti lomba melukis anak, hiburan anak-anak, dan yang lainnya.

4.      Pantai Tambakrejo Blitar

Pantai Tambakrejo berada di Desa Tambakrejo Kecamatan Wonotirto. Lokasi pantai ada di selatan kota Blitar dan berjarak sekitar 30 km dari pusat kota. Pada pagi hari di Pantai Tambakrejo Blitar ini, teman – teman akan menjumpai para nelayan yang baru pulang melaut membawa ikan-ikan segar.
Teman – teman bisa membelinya langsung tepatnya di lokasi Pelelangan Ikan yang berada di lokasi pantai ini. Karakteristik ombak laut di Pantai Tambakrejo Blitar terbilang relatif tenang. Hal ini memungkinkan pengunjung bisa menikmati wisata di pantai ini dengan berenang dan bermain air.

5.      Pantai Serang Blitar

Pantai Serang berada di Desa Serang dan berjarak sekitar 40 km dari kota Blitar. Di Pantai Serang, teman – teman akan mendapati keindahan panorama pantai dengan hamparan pasir putih yang luas. Kegiatan menarik yang bisa dilakukan di tempat wisata ini, diantaranya berenang, berjemur, memancing, berperahu, dan yang lainnya. Di Pantai Serang Blitar, secara rutin diadakan upacara Larung Sesaji setiap bulan Suro. Upacara tersebut tentunya menambah daya tarik pantai Serang Blitar.

6.      Makam Bung Karno Blitar

Makam Bung Karno berada di Desa Bendogerit dan berjarak sekitar 3 km di utara dari kota Blitar. Makam Bung Karno ini menempati areal lahan yang luas. Di dalam kompleks makam, tempat persemayaman terakhir Bung Karno ada pada bangunan berbentuk Joglo (bangunan khas Jawa). Makam Bung Karno diapit oleh makam kedua orang tuanya, ayah di sebelah kiri dan ibu di sebelah kanan.
Di kawasan wisata Blitar yang satu ini, teman – teman akan menjumpai perpustakaan di areal makam. Perpustakaan ini menyimpan banyak buku dan tulisan Bung Karno, sehingga teman – teman bisa mengenal sosok dari Bung Karno dengan lebih dekat. Selain perpustakaan, teman – teman juga bisa berkunjung ke Museum Bung Karno yang menyimpan benda-benda milik Bung Karno. Setelah puas berwisata di tempat ini, teman – teman bisa mencari souvenir khas Blitar di deretan kios yang berada dekat kompleks makam.

7. Istana Gebang Blitar

Istana Gebang merupakan rumah tempat tinggal orang tua Bung Karno yang menjadi tempat masa kecil beliau. Lokasi Istana Gebang berjarak sekitar 2 km dari kompleks makam Bung Karno. teman – teman bisa menuju istana ini menggunakan becak dari kompleks makam. Istana Gebang Blitar sampai kini masih ramai dikunjungi banyak orang, terutama di bulan Juni. Hal ini dikarenakan bulan Juni adalah bulan Bung Karno, sehingga kegiatan tahunan  dengan nama Grebeg Pancasila selalu diselenggarakan di seputaran kawasan tempat wisata ini.

8. Wisata Negeri Dongeng Blitar

Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat rekreasi terbaru di Blitar pada tahun 2017 ini. Di Wisata Negeri Dongeng Blitar, teman – teman dapat berfoto drngan latar belang aneka tempat wisata terkenal yang ada di dalam dan di luar negeri
Itulah 8 tempat wisata di Blitar yang paling populer untuk saat ini. Semoga dapat menjadi referensi teman – teman yang berencana untuk mengunjungi tempat makam Bung Karno ini berada. Jika ada saran, kritik, atau komentar, silakan teman teman tuliskan pada kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan salam Indonesia.