5 Tempat Wisata Di Padang Paling Indah

Posted on

Kota Padang merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Sumatera Barat. Selain terkenal karena nasi Padangnya yang bahkan juga digemari oleh bule, Padang juga terkenal dengan legenda cerita rakyatnya yang sangat populer di telinga kita yakni Malin Kundang. Kota Padang ini memiliki perbatasan langsung dengan laut dan perbukitan sehingga lokasi yang seperti ini menjadikan Kota Padang sebagai kota yang kaya akan tempat wisata yang beraneka ragam mulai dari danau, air terjun sampai pada tempat wisata berbentuk perbukitan. Selain itu, Kota Padang ini juga terkenal dengan rumah adatnya yang sangat indah dan dapat dijadikan spot foto paling cantik dan sangat instagramable, bagi penggemar view foto bernuansa budaya maka mengunjungi tempat wisata di Padang dapat dijadikan list untuk menghabiskan waktu liburan bersama sanak keluarga dan orang-orang terkasih.

Tempat wisata di Padang ini mayoritas memiliki berbagai akses transportasi yang mudah dan sangat terjangkau oleh berbagai kendaraan, sehingga ketika hendak mengunjungi tempat wisata ini kita tidak perlu lagi repot-repot atau bersusah payah mencari alat transportasi. Jika kita tidak membawa alat transportasi pribadi tidak perlu cemas dan risau karena ada ebberapa tempat wisata yang menyediakan transportasi khusus dan di sekitar tempat wisata terdapat beberapa transportasi umum yang dapat digunakan oleh para wisatawan tentu dengan biaya yang relatif murah dan sangat terjangkau sehingga tidak menguras isi dompet anda dan keluarga.
Bagi anda yang penasaran apa saja tempat wisata di Padang yang banyak menjadi rujukan dan tempat wisata yang paling indah sekaligus berikut adalah 5 tempat wisata yang sangat direkomendasikan :

1. Air terjun tingkat

Air terjun tingkat ini merupakan salah satu tempat wisata paling indah di padang. Tentunya kebanyakan dari kita akan merasa nyaman dan tenang jika berada di tempat yang sejuk dengan suara gemercik air. Itulah salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh air terjun tingkat yang berada di Padang ini. Selain itu, pemandangan air terjun ini sendiri juga sangatlah indah. Jika biasanya air terjun berbentuk seperti sungai yang terputus, namun di air terjun ini sesuai namanya, terdapat tingkatan – tingkatan seperti anak tangga, sehingga membuat air terjun ini menjadi unik dan indah.

Tempat wisata di Padang ini sangat cocok bagi yang suka berpetualang di alam. Karena Air Terjun Tingkat ini lokasinya berada di tengah – tengah lebatnya pepohonan di Bukit Barisan. Untuk menuju ke lokasi air terjun, kita harus berjalan kaki menembus hutan kurang lebih selama 15- 20 menit dari lokasi penitipan kendaraan. Namun, perjuangan ini tentunya tidak akan sia – sia mengingat pesona keindahan air terjun yang tentunya dapat mengobati rasa lelah kita selama perjalanan.

tempat wisata indah di padang
Air terjun tingkat yang unik dan indah

Bgi teman – teman yang ingin berkunjung, tetap berhati – hati. Karena tempat yang di dalam hutan belantara tentunya berpotensi masih terdapat hewan – hewan penghuni hutan. Yang tidak kalah penting, jika sedang hujan, mungkin lebih baik ditunda untuk mengunjungi  air terjun ini, karena bisa terjadi air bah secara tiba – tiba. Jadi kita harus tetap waspada dan tentu saja menjaga agar alam tidak rusak.

2. Pantai air manis

Pantai ini biasa disebut juga dengan sebutan Pantai Air Manis. Pantai ini menjadi fenomenal karena penduduk menghubungkan pantai ini dengan cerita rakyat Malin Kundang yang tentunya sudah sangat terkenal ke seluruh penjuru Indonesia. Di pantai ini terdapat sebuah batu yang bentuknya sangat mirip sengan seseorang yang  sedang bersujud sembari memeluk / mencium kaki orang di depannya. Hal ini tentunya selaras dengan cerita Malin Kundang yang dikutuk oleh ibunya karena tidak menganggap ibu kandungnya sebagai ibunya sehingga sang ibu mengutuk anaknya yang durhaka tersebut menjadi batu.

tempat wisata di padang
Batu Malin Kundang yang terkenal di Pantai Air Manis

Selain dari batu Malin Kundang tersebut, terdapat pesona lainnya yang terdapat di pantai ini. Salah satunya adalah pulau – pulau kecil yang berada di sekitaran pantai yang dapat kita kunjungi pada saat air sedang surut seperti halnya Pulau Pisang yang dapat kita tempuh dengan berjalan kaki pada saat air laut surut. Namun, kita tidak bisa berlama – lama di pulau, karena jika air sudah pasang, kita akan terjebak di pulau dan harus menunggu air surut kembali untuk dapat kembali ke pantai. Selain itu, ombak di pantai yang merupakan salah satu tempat wisata di Padang yang terkenal ini cukup stabil sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk kegiatan berselancar.

Pantai Air Manis memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Di sini teman – teman tidak perlu khawatir kehabisan makanan, karena di pantai ini tersedia deretan warung makan yang siap melayani teman – teman. Selain itu, fasilitas seperti penginapan, toko cinderamata, hingga persewaan papan selancar juga tersedia di pantai ini.

3. Pantai nirwana

Pantai ini lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota padang hanya sekitar 14 kilometer saja. Pantai ini masih asri karena dikelilingi oleh barisan hijau pepohonan yang berada di kaki bukit. Pantai ini tergolong ke dalam pantai landai dimana ombaknya tidak terlalu besar sehingga air laut relatif tenang. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah ibarat di nirwana. Barisan pepohonan yang hijau dan udara yang sejuk menjadi faktor yang memiliki andil dalam keindahan Pantai Nirwana Padang ini. Selain itu, air di pantai ini juga cukup jernih yang tentu saja semakin menambah keindahan tempat wisata di Padang ini.

pantai nirwana padang
Penamdangan indah di Pantai Nirwana Padang

Di pantai ini, juga dijadikan tempat bersandarnya perahu- perahu nelayang yang dimiliki oleh warga sekitar. Menariknya, perahu – perahu ini dapat disewa oleh pengunjung jika menginginkan untuk berkeliling menggunakan perahu. Tentunya dapat menjadi pengalaman menarik bagi teman – teman, kapan lagi bisa naik perahu keliling tempat yang indah ini, hehehe.

Untuk menuju pantai yang indah ini, jalur yang ditempuh cukup mudah. Kita bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke tempat wisata di Padang ini. Selain itu, kita juga bisa naik angkutan umum dengan nomor trayek 437 yang siap mengantarkan kita ke pantai surga ini.

4. Pantai pasir jambak

Pantai ini adalah pantai romantis dan memiliki panorama yang sangat indah. Tempat wisata di Padang ini hanya berjarak kurang lebih 17 kilometer dari pusat Kota Padang. Di pantai yang indah ini, pengunjung dapat melepas rasa penat mereka dengan berenang, berjemur, bermain bola, dan lain – lain. Selain itu, sunset jika dilihat dari pantai ini sangat menawan. Jadi mungkin teman – teman perlu mencoba datang pada sore menjelang matahari tenggelam.

pasir jambak padang
Sunset menawan di Pantai Pasir Jambak Padang

Di pantai ini, kita juga dapat menikmati aneka masakan seafood yang dijajakan di sekitar kawasan pantai. Layaknya pantai – pantai lainnya, di Pantai Pasir Jambak ini juga tersedia gazebo – gazebo yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk bersantai menghabiskan waktu dan melepaskan sejenak beban pikiran.

5. Miniatur makkah

Ingin merasakan berada di Kota Mekah tanpa harus ke Makkah? Mungkin tempat wisata di Padang yang satu ini bisa menjadi salah satu solusinya. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata religi yang ada di kota padang dan menjadi tempat wisata paling unik karena membuat para pengunjung seolah – olah berada di Kota Makkah. Tentunya sebagai miniatur kota yang menjadi kiblat Islam, maka di tempat ini juga kental dengan nuansa tersebut.

Seperti kita ketahui, Makkah merupakan tempat dimana ka’bah berada. Nah, sebagai miniaturnya, tempat wisata di Padang ini juga terdapat miniatur ka’bah yang pada waktu – waktu tertentu digunakan juga untuk pelatihan prosesi ibadah haji atau yang lebih dikenal dengan manassik haji.

miniatur mekkah
Miniatur Kota Makkah yang berada di Kota Padang

Itulah kelima daftar tempat wisata di padang yang dapat anda jasikan referensi untuk menghabiskan waktu liburan, perlu ditekankan lagi bahwa kelima tempat wisata itu sangat ramah terhadap anak-anak dan orang tua sehingga sangat aman dan dapat dijadikan destinasi wisata palingg direkomendasikan karena keindahan dan keunikan tempat wisata tersebut, bahkan beberapa tempat yang masih asri.