5 Kuliner Unik dan Enak di Jogja

Posted on

Kuliner Unik dan Enak di Jogja.

Selain terkenal dengan kota wisata, budaya, dan pendidikan,Jogja juga masih mempunyai pesona lain yang tidak kalah memikat. Pesona tersebut adalah kuliner. Berbagai jenis makanan dapat teman – teman temukan di kota yang terkenal dengan keraton dan Jalan Malioboronya ini. Banyak kuliner di Jogja yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Nah, berikut ini 5 kuliner unik dan enak di Jogja yang bisa teman – teman cicipi jika sedang berkunjung ke Yogyakarta.
 

1.    Bakmi Lethek 

Kuliner unik dan enak di Jogja yang pertama adalah bakmi lethek. Dalam bahasa Jawa, bakmi lethek berarti bakmi dekil. Disebut demikian karena, bakmi ini menyerupai bihun yang berwarna putih namun bakmi ini warnanya tidak seputih bihun yang biasa kita temui, tetapi agak sedikit lebih gelap, oleh karena itu masyarakat menyebutnya dengan sebutan bakmi lethek. Namun jangan salah, meski tampilannya tidak seputih mie bihun, untuk urusan rasa bakmi lethek tidak kalah lezat jika dibandingkan dengan jenis mie putih lainnya. Bakmie lethek ini juga dapat dimasak dengan berbagai cara layaknya bihun biasa, seperti dimasak menjadi mie rebus atau goreng.

 

kuliner unik dan enak di jogja
Mie lethek, salahsatu kuliner unik dari Bantul, Yogyakarta

 

Bakmie lethek atau juga sering disebut mie lethek ini banyak kita temui di wilayah Sandakan, Kabupaten Bantul. Bakmie ini terbuat dari tepung gaplek dan tepung tapioka. Hal inilah yang menyebabkan mie ini tidak dapat berwarna seputih mie bihun yang dibuat dari tepung beras. Penyebab lainnya adalah, mie ini tidak menggunakan bahan kimia tambahan seperti pemutih atau bahan lain, sehingga walaupun tampilannya dekil, namun sebenarnya malah bebas zat kimia tambahan. Selain namanya yang unik, proses pembuatan mie ini juga sangat unik. Proses pembuatannya masih sangat tradisional. Untuk menggiling adonannya pun, para pembuat mie ini masih menggunakan tenaga sapi untuk memutar roller yang terbuat dari batu. Roller ini berfungsi untuk memproses bahan baku tepung tapioka dan tepung gaplek agar menjadi kalis sebelum dipress dan
dikeringkan hingga menjadi mie lethek yang siap dioleh menjadi hidangan bakmie yang menggugah selera.
 

2. Kuliner unik dan enak di Jogja : Sate Klatak

 
Sate merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Beberapa daerah yang terkenal akan kuliner satenya antara lain, Madura dan Padang. Nah, ternya ta Jogja juga mempunyai kuliner sate yang berbeda dari sate – sate yang sudah ada selama ini. Sate ini bernama sate klatak. Menurut beberapa pendapat, asal muasal nama klatak adalah dari bunyi daging yang sedang dibakar. Namun ada juga yang mengatakan bahwa klatak diambil dari sebutan buah melinjo yang banyak terdapat di sekitar warung (buah melinjo yang sudah tidak ada kulitnya oleh masyarakat Jogja sering disebut dengan klatak).
wisata kuliner indonesia
Sate klatak, sate unik tanpa bumbu sate
Sate ini dapat dikatakan cukup unik. Lazimnya sate dimasak dan disajikan dengan bumbu kacang. Hal ini tidak berlaku bagi sate klatak. Pada proses pembakaran sate, bumbu yang digunakan hanyalah garam dan merica saja. Sedangkan pada penyajiannya, bumbu kacang diganti dengan kuah gule. Penasaran? Jika ingin mencoba kuliner khas Jogja ini, teman – teman dapat berburu ke daerah Jejeran, Imogiri. Untuk menuju tempat ini, teman – teman tinggal lurus ke arah selatan Terminal Giwangan.
 

3.    Peyek tumpuk

Peyek atau rempeyek merupakan salah satu camilan dengan citarasa gurih. Makanan ini tergolong sebagai camilan walaupun pada beberapa daerah, makanan ini disajikan sebagai pelengkap hidangan makan besar. Nah, di Jogja terdapat sajian rempeyek atau peyek yang cukup unik dan berbeda dari daerah lain.
kuliner unik di jogja
Peyek tumpuk, kuliner unik dan enak di Jogja

 

Pada umumnya, rempeyek berbentuk pipih seperti kerupuk dengan isian di atasnya (misal kacang tanah, kedelai, ikan teri, dan
sebagainya). Nah, pada peyek tumpuk ini memiliki bentuk yang sama sekali berbeda dengan rempeyek yang biasa kita lihat. Rempeyek ini berbentuk seperti gumpalan rempeyek. Jika diperhatikan, gumpalan ini berbentuk seperti rempeyek yang ditumpuk – tumpuk, oleh karena itu, rempeyek ini dijuluki dengan julukan peyek tumpuk. Yang menarik adalah, jika pada umumnya rempeyek yang terlalu tebal akan memiliki tekstur yang keras, namun pada peyek tumpuk ini walaupun berbentuk tebal, tetapi tetap renyah dan gurih. Berminat? Untuk mendapatkan kuliner ini sangat mudah, karena banyak dijual di pusat oleh – oleh yang tersebar di wilayah Jogja.
 

4.    Wedang Uwuh

Wedang uwuh merupakan salah satu minuman tradisional khas Jogja. Sentra minuman ini berada di sekitar makam Raja –Raja di wilayah Imogiri. Wedang uwuh jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti minuman panas yang terbuat dari sampah (wedang = minuman panas, uwuh = sampah). Mengapa disebut demikian? Karena memang pada dasarnya wedang uwuh ini terbuat dari rempah – rempah yang beberapa diantaranya adalah dedaunan kering. Jika kita lihat, maka akan tampak seperti sampah kering.
kuliner enak di jogja
Meskipun berarti sampah, wedang uwuh memiliki rasa yang enak serta berkhasiat bagi tubuh

 

Wedang uwuh ini terbuat dari bahan – bahan alami diantaranya jahe, kayu secang, daun kayu putih, gula batu, dan lain –lain. Bahan – bahan ini adalah bahan yang biasa digunakan pada jamu Jawa untuk memulihkan kondisi tubuh. Selain itu, jahe dan daun kayu putih akan membuat tubuh kita menjadi hangat. Jadi, walaupun mempunyai nama yang jorok, sebenarnya wedang uwuh memiliki khasiat yang baik bagi tubuh kita. Selain itu, rasanya juga sangat enak, seperti wedang jahe.
 
5.    Kopi Jos
Teman – teman pecinta kopi? Jika iya, maka jangan lewatkan kuliner unik dan enak di Jogja yang berupa minuman ini jika teman – teman berkunjung ke kota gudeg. Sebenarnya kopi yang digunakan pada kopi jos adalah kopi yang biasa kita nikmati. Namun, yang membedakan adalah cara penyajiannya. Pada kopi jos, bubuk kopi diseduh dengan air panas kemudian dimasukkan bara api yang berasal dari anglo yang digunakan untuk memanaskan air. Pada saat bara api masuk ke dalam gelas yang berisi seduhan kopi, maka akan terdengar suara jossshh, oleh karena itu, kopi ini disebut dengan kopi jos.
wisata malam di jogja
salah satu penyajian kopi yang cukup unik dapat kita temui di Jogja

 

Untuk mendapatkan kopi jos ini sangatlah mudah dan murah. Terlebih jika teman – teman berada di kawasan Jl. Malioboro sampai ke Jl. P. Mangkubumi. Pada malam hari, kawasan ini akan diramaikan dengan angkringan yang buka di depan toko – toko yang sudah tutup. Nah, di angkringan – angkringan inilah biasanya kopi jos dijajakan. Selain kopi jos, angkringan juga menyajikan berbagai camilan dan makanan ringan. Kopi jos dan angkringan merupakan salah satu hal terbaik untuk menikmati malam di Jogja.
Nah, itulah 5 kulin erunik dan enak di Jogja yang bisa teman – teman buru jika berada di Jogja. yang tidak kalah menarik adalah, untuk menikmati kuliner- kuliner tersebut, teman – teman tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk menebusnya (kecuali bayarin teman – teman se rombongan, hehehhee). Demikian artikel ini, semoga bermanfaat bagi teman – teman terutama yang bingung hunting kuliner di Jogja. Jika banyak kesalahan saya mohon maaf, terima kasih dan salam Indonesia.