12 Pilihan Tempat Wisata di Surabaya yang Terpopuler

Posted on
Surabaya adalah salah satu kota metropolitan yang terbesar kedua di Indonesia setelah kota Jakarta. Tempat wisata yang dimiliki Surabaya menjadi bagian unik yang menambah daya tarik kota ini. Salah satu pesona tempat wisata di Surabaya bisa memberikan banyak pengetahuan sejarah. Kota Surabaya juga terkenal dengan julukan kota Pahlawan. Hal ini tidak terlepas dari pertempuran hebat yang telah terjadi dalam masa revolusi kemerdekaan Indonesia, antara rakyat Surabaya dengan tentara penjajah.
Pemberian nama Surabaya itu sendiri berawal mula di era Majapahit. Sebuah sebutan ini untuk wilayah geografis yang dalam mitos masyarakat lokal, mengisahkan telah terjadi pertarungan hebat untuk mendapatkan pengakuan sebagai hewan yang terkuat antara Sura (hiu) dengan Baya (buaya). Hal ini sebagaimana pernah diramalkan oleh Jayabaya.
Surabaya memiliki banyak monumen dan museum yang populer dan menarik untuk dikunjungi. Selain itu, tempat wisata lain yang tidak kalah menarik dan indah juga menjadi pilihan destinasi wisata Surabaya yang perlu dipertimbangkan. Kini Surabaya
telah jadi kota industri yang cukup modern, dan juga sebagai pusat perekonomian dan bisnis di Jawa Timur, dan juga merupakan pusat kekuatan dari TNI Angkatan Laut di Indonesia. Sebagai kota metropolitan, tentu saja Surabaya didukung infrastruktur yang baik seperti tersedia bandar udara, pelabuhan, serta terminal bus yang juga memudahkan perjalanan wisata di Surabaya. Berikut tempat wisata di kota Surabaya yang sangat menarik untuk dikunjungi.

1.      Ciputra Waterpark, tempat Wisata di Surabaya

Ciputra Waterpark dibangun oleh Perusahaan Ciputra Grup di area Citraland. Lokasi Ciputra Waterpark ini berada di Surabaya Barat. Tempat wisata ini dibuka untuk publik setiap selasa hingga jum’at (14.00-19.00 WIB), sementara saat weekend dan hari libur (08.00-20.00 WIB). Ciputra Waterpark merupakan wahana wisata air terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Teman – teman bisa mencoba berbagai wahana yang tersedia, seperti Sirens River, Chimera Pool, Marina Lagoon, Sinbad Playground, Roc Tower, dan Syracuse Beach. Tidak heran tempat wisata ini selalu ramai pengunjung dan telah menjadi pilihan wisata anak yang sangat populer di kota Surabaya.
tempat wisata di surabaya
Ciputra Waterpark merupakan wisata air di Surabaya yang terkenal

2.      Pasar Turi Surabaya

Pasar Turi merupakan tempat wisata di Surabaya yang sangat memikat bagi penggemar belanja. Daya tarik Pasar Turi ini terletak pada ketersediaan barang yang lengkap dengan harga yang murah. Pasar grosir di Surabaya ini terbagi atas dua segmen, yaitu pasar Turi yang lama dan  pasar Turi yang baru, pasar tersebut masing-masing bangunan mempunyai 3 lantai.
Lantai bawah pasar Turi dikhususkan untuk menjual makanan dan minuman khas Surabaya, seperti rujak, cendol, dan beberapa kue-kue tradisional Jawa Timur. Sementara lantai 2 dan 3 menjadi tempat untuk menjual berbagai barang garmen, elektronik, peralatan rumah tangga, sepatu, dan masih banyak lagi.
tempat wisata di surabaya
Pasar Turi menjadi tujuan wisatawan untuk berbelanja

3.      Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan merupakan monumen untuk mengingat keberanian arek-arek Suroboyo melawan tentara Sekutu. Monumen yang tingginya 41,15 meter ini berbentuk lingga atau paku terbalik dengan badan tiangnya berbentuk lengkungan (Canalures), dan untuk lengkungannya adalah sebanyak 10 lengkungan dan ini terbagi menjadi 11 ruas. Tinggi, ruas, dan canalures memiliki makna tanggal 10 bulan 11 tahun 1945 . Pada tanggal tersebut terjadi peristiwa heroik di masa perjuangan kemerdekaan Indonesia. Di kawasan tempat wisata ini, teman – teman bisa berkunjung ke Museum 10 November yang akan memberikan banyak cerita tentang makna Tugu Pahlawan dan termasuk juga bukti-bukti sejarah pada 10 November 1945 .

4.      Klenteng Hong Tiek Hian

Klenteng Hong Tiek Hian berada di daerah Pecinan dan tepatnya di Jalan Dukuh, kawasan Surabaya Utara. Klenteng tertua di Surabaya ini dibangun oleh pasukan Tartar pada zaman Khu Bilai Khan di masa awal Kerajaan Majapahit. Selain sebagai tempat ibadah, klenteng ini juga terbuka untuk umum. Acara-acara tradisional Cina juga sering diselenggarakan di klenteng ini, seperti pertunjukkan wayang Pho Tee Hi. Tempat wisata Surabaya yang satu ini selalu ramai pengunjung, terlebih ketika hari perayaan Imlek tiba.

5.      Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular ini sebelumnya adalah bernama Museum Soerabaia yang didirikan tahun 1993 oleh Von Vaber, seorang warga Surabaya yang berkebangsaan Jerman. Lokasi Museum Mpu Tantular ini berada di Jalan Raya Buduran – Jembatan Layang, Sidoarjo. Tempat wisata Surabaya yang satu ini sangat kental akan nilai sejarah. Museum Mpu Tantular ini menyimpan 15 ribu koleksi, koleksi tersebut dimulai dari koleksi peninggalan masa prasejarah, masa kerajaan Hindu, Budha, Islam, serta masa kolonial.

6.      Museum WR. Soepratman

Museum WR. Soepratman berada di Jalan Mangga Tambaksari, Surabaya. Di Museum WR. Soepratman ini, teman – teman bisa melihat langsung tulisan asli WR. Soepratman ketika membuat lagu Indonesia Raya pada awalnya. Selain itu, teman – teman juga bisa melihat biola historis yang selalu menemani WR. Soepratman ketika membuat beberapa lagu kebangsaan.

7.      Patung Buddha Empat Wajah

Patung Buddha Empat Wajah merupakan patung tertinggi di Indonesia yang telah dicatat MURI. Teman – teman bisa menjumpai Patung Buddha Empat Wajah ini di salah satu sudut Pantai Ria Kenjeran, Surabaya. Patung ini hampir mirip dengan patung Buddha yang terdapat  di kota Bangkok, yakni terdiri atas wajah perdamaian dan kesehatan, wajah hubungan baik, wajah keberuntungan, serata wajah perlindungan terhadap kejahatan. Bangunan Patung Buddha Empat Wajah yang ada di Surabaya dikelilingi oleh empat pilar, yaitu pilar berwarna hijau atau emas. teman – teman akan menjumpai bagian, yakni patung Buddha, stupa, dan juga singgasana Buddha. Patung Buddha dan tahtanya ini masing-masing memiliki tinggi 9 meter.

8.      Jembatan Merah

Jembatan Merah menjadi saksi sejarah pertempuran heroik di Surabaya pada 10 November 1945 . Menurut sejarah yang tercatat, tewasnya Brigjend Mallaby ketika bentrokan antara pejuang Indonesia dengan tentara Belanda di dekat Jembatan Merah, dijadikan sebagai alasan utama tentara sekutu di Jawa Timur mengeluarkan ultimatum pada tanggal 9 November 1945 kepada para pejuang Indonesia supaya meletakkan senjata. Namun, penolakan ultimatum oleh pejuang Indonesia membuat pasukan Inggris dan sekutunya akhirnya menyerang Surabaya pada keesokan harinya.
Dulunya area sekitar tempat wisata ini merupakan daerah pemukiman dan juga daerah perdagangan khusus untuk orang Eropa
di sebelah barat, sementara pada sebelah timurnya menjadi daerah hunian yang dipenuhi orang Cina, Arab, serta Melayu. Kawasan Jembatan Merah kini telah menjadi pusat perdagangan paling padat di Surabaya.

9.      Masjid Agung Al-Akbar Surabaya

Masjid Al-Akbar merupakan masjid terbesar kedua setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. Masjid yang megah dan modern ini telah menjadi ikon religi kota Surabaya. Interior Masjid Agung Al-Akbar Surabaya ini penuh dengan ukiran hias dan kaligrafi, bagian yang sangat dominan pada dindingnya. Kemudian, bagian eksterior masjid ini juga dihiasi dengan berbagai corak ukiran dan kaligrafi. Masjid Agung Al-Akbar Surabaya memiliki 45 pintu masuk utama yang terbuat dari kayu jati berukir.

10.  House Of Sampoerna

House Of Sampoerna adalah sebuah lokasi bangunan dengan gaya kolonial Belanda yang dibangun pada 1862 . Lokasinya berada di kawasan ‘Surabaya lama’. Awalnya, bangunan ini digunakan sebagai panti asuhan putra yang dikelola oleh pemerintah Belanda. Kemudian, kompleks ini dibeli oleh Liem Seeng Tee pada tahun 1932 untuk dijadikan pabrik rokok Sampoerna yang pertama. Kompleks ini hingga kini masih berfungsi sebagai pabrik untuk memproduksi rokok. Tidak hanya itu saja, House Of Sampoerna kini telah menjadi situs bersejarah yang dilestarikan dan menjadi salah satu tempat wisata di surabaya.

11.  Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam berada di pusat kota Surabaya. Bangunan dari Monumen Kapal Selam merupakan wujud asli dari KRI Pasopati 410 yang tidak lain adalah salah satu dari kapal selam milik TNI – Angkatan Laut yang berasal dari satuan Kapal Selam Armada RI dari Kawasan Timur. Untuk KRI Pasopati ini, termasuk jenis kapal SS type Whisky Class yang dibuat pada tahun 1952 di Vladi Rusia. Kapal selam ini berperan aktif dalam menegakkan kedaulatan negara dan hukum di laut antara lain dalam operasi Trikora. Tidak heran Kapal selam bersejarah ini telah menjadi salah satu tempat wisata di Surabaya yang menarik untuk dikunjungi.

12.  Pusat Sepatu Wedoro

Wedoro merupakan desa yang terletak di Kecamatan Waru – Sidoarjo, daerah perbatasan Surabaya. Kini Wedoro telah menjadi pusat industri kerajinan sepatu dan sandal. Di kawasan pusat sepatu Wedoro ini, terdapat lebih dari 210 toko yang menawarkan produk sepatu dan sandal. Tidak heran banyak orang yang datang ke tempat ini dan akhirnya menjadi pelanggan setia atas produk-produk yang dihasilkan Wedoro.

Nah, bagi teman – teman yang berencana berlibur di Jawa Timur khususnya Surabaya, itulah 12 pilihan tempat wisata di Surabaya yang terpopuler. Semoga bisa menjadi referensi teman – teman. Terima kasih dan salam Indonesia.