11 Pilihan Tempat Wisata di Malang Raya yang Terpopuler

Posted on
Malang yang terkenal dingin menawarkan banyak destinasi wisata yang memikat dan menarik untuk dikunjungi. Tidak dipungkiri potensi wisata daerah ini tersebar ke seluruh wilayahnya, baik di Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang. Ketiga daerah ini telah terkenal secara integral disebut sebagai Malang Raya. Sejumlah tempat wisata yang ada di daerah ini memiliki karakteristik utamanya pada hawa sejuk yang cenderung dingin. Berikut tempat wisata di Malang Raya yang patut teman-teman kunjungi.

1.      Pulau Sempu, tempat wisata di Malang Raya

Pulau Sempu menyuguhkan panorama pantai yang indah, terutama pada Laguna Segara Anakan yang menjadi spot favorit yang disukai banyak wisatawan. Pulau yang berada di Kabupaten Malang ini menawarkan pengalaman wisata alam yang menarik. teman-teman akan mendapati keaneragaman hayati flora dan fauna di tempat wisata Malang Raya yang terkenal ini. Lokasi Pulau Sempu ini terletak dekat dengan kawasan Sendang Biru (Malang Selatan).
tempat wisata di malang
Pulau Sempu merupakan salah satu tempat wisata di Malang Raya yang patut teman- teman kunjungi

2.      Air Terjun Coban Rondo Malang

Air Terjun Coban Rondo berada di lereng Gunung Kawi dengan ketinggian 1.135 meter dpl. Lokasi air terjun ini terletak di tengah-tengah hutan pinus yang pengelolanya adalah Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH), Perum Perhutani Malang. Perjalanan yang harus ditempuh berjarak sekitar 25 km dari kota Malang. Sesampainya di lokasi, teman-teman bisa menikmati keindahan panorama air tenjun dan alam sekitarnya. Tempat wisata di Malang yang satu ini menawarkan pengalaman wisata yang menarik dan berkesan. Di kawasan tempat wisata ini, teman-teman juga akan menjumpai banyak kios penjual jajanan dan makanan seperti kacang rebus, kentang goreng, aneka minuman, sate ayam, aneka makanan, sate kelinci, dan yang lainnya.
tempat wisata di malang raya
Coban Rondo berada di kawasan Batu yang sejuk nan asri

3.      Taman Rekreasi Selecta

Taman Rekreasi Selecta ini adalah merupakan lokasi wisata yang dikelilingi alam pegunungan Kota Batu yang sejuk. Taman ini menghadirkan aneka wahana rekreasi, seperti Kolam Renang Sejarah, Water Park, Perahu Columbus, hingga Arena Pacuan Kuda. Di tempat wisata di Batu Malang, teman-teman juga akan menjumpai sejumlah resto yang menyajikan kuliner lezat sekaligus menawarkan panorama alam yang indah. Tidak hanya itu saja, taman ini juga menyediakan hotel juga villa sebagai tempat menginap yang nyaman. Tidak heran Taman Rekreasi Selecta ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi rekreasi keluarga.
[irp posts=”795″ name=”Lokasi Taman Langit Batu Malang , Wisata Baru di Gunung Banyak”]

4.      Taman Rekreasi Sengkaling Malang

Taman Rekreasi Sengkaling merupakan tempat wisata di Malang Raya yang mengusung konsep taman ini dengan menghadirkan aneka wahana permainan dan hiburan. teman-teman bisa menghabiskan waktu liburannya di Taman Rekreasi Sengkaling ini. Tidak heran banyak keluarga yang menjadikan taman ini sebagai destinasi wisata. Tempat wisata yang satu ini buka setiap hari, mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

5.      Masjid Tiban Malang

Masjid Tiban memiliki corak arsitektur Timur Tengah. Daya tarik yang sesungguhnya dari masjid ini terlihat pada bangunan Masjid Tiban dengan arsitektur dan ornamen yang nyentrik. Masjid Tiban ini memiliki 9 lantai yang dilengkapi juga dengan toko souvenir, toko makanan ringan, dan termasuk area satwa. Masjid yang selalu ramai dikunjungi wisatawan ini memiliki cerita unik. Konon masjid ini dibangun dalam waktu satu malam saja oleh tentara jin.

6.      BNS (Batu Night Spectacular) Malang

BNS (Batu Night Spectacular) ini sengaja didirikan dengan tujuan untuk mendukung keberadaan kota Batu Malang sebagai all day city holiday. Tempat wisata ini menghadirkan wahana permainan dan hiburan yang menarik, seperti sepeda udara, cinema 4D, rumah hantu, kidz zone, dan termasuk juga taman lampion. Lokasi tempat wisata yang satu ini berada di kawasan Kota Batu, Malang. BNS telah diklaim sebagai wahana terbesar yang terletak di kota Malang Raya dengan berbagai pilihan wahana wisata serta permainan yang sangat lengkap.

7.      Alun-alun Kota Wisata Batu

Alun-alun Kota Wisata Batu dirancang sebagai sarana rekreasi, edukasi dan olahraga di Malang Raya yang terbuka untuk umum. teman-teman tidak akan dipungut biaya untuk menikmati semua wahana yang tersedia, kecuali bianglala. Selain itu, teman-teman juga bisa mencicipi beragam makanan kuliner di alun-alun ini dengan harga yang murah. Tidak heran kini alun-alun Kota Wisata Batu ini telah menjadi salah satu sentrum tempat wisata di Malang yang diminati banyak orang. Alun-alun ini sangat cocok menjadi pilihan tempat refreshing yang menarik dengan keindahan panorama alam yang ada di sana.

8.      Kusuma Agrowisata Malang

Kusuma Agrowisata merupakan tempat wisata di Malang Raya yang mengusung konsep agrowisata dalam balutan udara sejuk dan segar. Di tempat wisata ini, teman-teman dibebaskan untuk memilih dan memetik buah apel langsung dari pohonnya. Tempat ini menawarkan pengalaman wisata yang menarik dan sangat positif bagi pendidikan dan pengetahuan. Di Kusuma Agrowisata, teman-teman bisa belajar bagaimana cara bercocok tanam yang baik. Tidak heran objek wisata yang satu ini menjadi salah satu tujuan bagi kegiatan-kegiatan study tour di Malang.

9.      Jatim Park 1 (Jawa Timur Park 1) Malang

Jatim Park 1 (Jawa Timur Park 1) berada di Kota Wisata Batu, Malang. Tempat wisata Malang ini mengusung konsep taman bermain dan belajar yang terbuka untuk umum. Jatim Park 1 yang dikelilingi hawa segar pegunungan ini menawarkan aneka wahana permainan dan hiburan yang menarik. teman-teman bisa menyempatkan waktu untuk membuka laman resmi pengelola Jatim Park 1 di http://www.jawatimurpark1.com. Selain wahana permainan dan hiburan, teman-teman juga bisa menyantap makanan sambil bermain di cafe ataupun resto yang tersedia di tempat wisata ini. teman-teman juga akan menjumpai kios-kios yang menawarkan merchandise khas Jawa Timur di kawasan Jatim Park 1. Tempat wisata di Malang Raya yang paling diminati ini buka mulai pukul 08.30 – 16.30 WIB. Jatim Park 1 tidak akan mengenakan biaya tiket masuk pada anak-anak dengan tinggi badan di bawah 85 cm.

10.  Jatim Park 2 (Jawa Timur Park 2) Malang

Jatim Park 2 (Jawa Timur Park 2) terletak dekat dengan Jatim Park 1. Tempat wisata Malang Raya yang satu ini menonjolkan konsep kebun binatang modern sebagai hiburan utamanya, sehingga Jatim Park 2 terkenal juga dengan sebutan Batu Secret Zoo. teman-teman bisa mengetahui banyak informasi dari Jatim Park 2 dengan menyempatkan waktu untuk membuka laman resmi pengelolanya di http://www.jawatimurpark2.com. teman-teman akan mendapatkan pengalaman wisata yang seru dan menyenangkan dengan menyusuri jalur-jalur yang sudah disediakan untuk berkeliling ke lokasi Secret Zoo, menyaksikan berbagai binatang yang lucu dan menghibur. teman-teman bisa mengambil tiket terusan (Secret Zoo dan Museum Satwa) untuk menikmati pesona tempat wisata ini.
Fasilitas Jatim Park 2 terbilang begitu lengkap yang membuat pengunjung merasa nyaman. Tempat wisata ini juga menyediakan pilihan tempat menginap, seperti hotel Pohon Inn yang menawarkan pemandangan indah.

11.  Museum Angkut Batu

Museum Angkut tergabung dalam satu grup dengan Jawa Timur Park. Museum ini terletak di dekat Jawa Timur Park 1. Di sini teman – teman dapat menyaksikan aneka macam alat transportasi dari berbagai belahan dunia. Selain itu, teman – teman juga akan disuguhi dengan gambaran suasana tempat –tempat terkenal dari berbagai negara.
Pada halaman luar salah satu tempat wisata di Malang Raya yang terpopuler ini, teman – teman dapat mengunjungi museum topeng yang berisi berbagai macam topeng dan juga karya seni tradisional di Indonesia. Selain itu, teman – teman juga dapat merasakan sensasi belanja di pasar apung yang juga berada di kawasan Museum Angkut Batu.

tempat wisata di malang raya

Itulah 11 pilihan tempat wisata di Malang Raya Terpopuler. Jika berkunjung ke sini, rasanya belum lengkap jika belum mendatangi tempat – tempat tersebut. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat bagi teman – teman sekalian. Terima kasih dan salam Indonesia.