10 Destinasi Wisata Alam di Bandung Lembang 2017

Posted on

10 Destinasi Wisata Alam Bandung Lembang yang Menarik Hati – Tidak dipungkiri lagi, Bandung merupakan salah satu tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi pelancong di bagian barat Pulau Jawa ini. Tentu saja hal ini tidak lepas dari kekayaan wisata yang terdapat di kota yang juga dikenal dengan sebutan Paris van Java ini. Wisata di kota ini juga tersebar di penjuru daerahnya, salah satunya berada di Lembang. Nah berikut ini beberapa obyek wisata alam di Bandung Lembang yang layak kita kunjungi.

Gunung Tangkuban Perahu | Destinasi Wisata Alam di Bandung Lembang

Teman – teman tentunya sudah tahu tentang destinasi wisata alam di Bandung Lembang yang satu ini. Terlebih bagi yang masa kecilnya sering didongengkan dengan cerita legenda nusantara. Ya, Gunung Tangkuban Perahu memang dikaitkan dengan legenda Sangkuriang. Menurut legenda tersebut, Gunung Tangkuban Perahu terbentuk akibat Sangkuriang yang menendang perahu karena kesal gagal menikahi Dayang Sumbi yang merupakan kandungnya sendiri. Nah perahu yang ditendang Sangkuriang tersebut mendarat dengan posisi terbalik dan membentuk Gunung Tangkuban Perahu.

destinasi wisata alam di Bandung Lembang
Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu tempat terkenal di Bandung, terlebih dengan adanya cerita rakyat Sangkuriang dan Dayang Sumbi.

Terlepas dari legenda tersebut, Gunung yang merupakan wisata Bandung Lembang ini menawarkan keindahan yang menarik para wisatawan untuk berkunjung. Gunung dengan ketinggian 2.084 meter dpl ini menyajikan kesejukan udaranya yang membuat pikiran kita menjadi lebih fresh.

Pemandian Air Panas Ciater

Tempat wisata alam di Bandung berikutnya adalah Pemandian Air Panas Ciater. Keberadaan destinasi wisata alam di Bandung Lembang yang satu ini tidak lepas dari adanya Gunung Tangkuban Perahu, karena air panas yang ada di temat wisata alam ini merupakan akibat dari aktifitas Gunung Tangkuban Perahu. Di sini, teman – teman dapat merasakan hangatnya air panas alami yang seperti pada sumber air panas alami lainnya memiliki kandungan mineral yang dipercaya baik bagi kesehatan kita. Selain itu, kita juga akan disuguhi dengan pemandangan yang indah dari hamparan tanaman teh yang berada di Ciater.  Jadi badan fresh karena mandi air hangat yang kaya mineral, sedangkan pikiren fresh karena melihat indahnya pemandangan alam.

Baca Juga  Menikmati Tempat Wisata di Bogor yang Murah

Gunung Putri, Wisata Bandung Lembang

Gunung Putri merupakan salah satu tempat wsiata di Bandung yang menawarkan keindahan alam. Wisata Bandung Lembang ini cocok bagi teman – teman yang gemar dengan kegiatan pecinta alam. Untuk mencapai puncak Gunung Putri, kita cukup berjalan kurang lebih 30 menit dari pelataran parkiran. Cukup singkat dan tidak terlalu menguras fisik.

Di puncak Gunung Putri yang merupakan destinasi wisata alam di Bandung Lembang ini, kita dapat melihat pemandangan indah dari ketinggian 1587 MDPL. Para wisatawan biasanya menunggu waktu fajar untuk menikmati sunrise yang indah jika dilihat dari gunung ini.

tempat wisata bandung lembang
Gunung Putri bagaikan seorang putri yang mempesona

Gungung Batu

Gunung Batu merupakan salah satu destinasi wisata alam di Bandung Lembang yang menarik bagi para pecinta wisata alam. Dari gunung dengan ketinggian 1228 meter dpl ini, kita dapat melihat keindahan Lembang dari ketinggian. Namun, untuk mencapai puncak Gunung Batu, kita harus jalan kaki, tapi tenang jalan menuju puncak tidak terlalu berat.

 

Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat merupakan salah satu tempat wisata alam di Bandung yang cukup menarik. Sesuai dengan namanya, tempat wisata alam ini menyajikan pemandangan air terjun dan sungai yang indah. Yang lebih mengasyikkan lagi adalah, di sini terdapat empat buah curug / air terjun. Selain itu, di kawasan wisata Bandung Lembang ini juga disediakan berbagai pilihan kegiatan seperti outbond, arung jeram, camping, danlain- lain. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap seperti masjid, toilet, area parkir, penjual makanan, dan sebagainya.

Curug ini berada di kampung Ciwangun Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parangpong, Kabupaten Bandung Barat. Untuk memasuki obyek wisata ini, kita cukup membayar Rp. 10.000,-.

Baca Juga  11 Pilihan Tempat Wisata di Malang Raya yang Terpopuler

Gua Pawon

Gua Pawon merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Bandung Barat. Gua ini tepatnya berada di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Tempat ini merupakan gua alami yang diperkirakan sudah ada sejak zaman pra sejarah karena di gua ini pernah ditemukan fosil kerangka manusia purba. Selain itu, pemandangan dari sini juga sangat indah. Walaupun demikian kita hanya perlu membayar Rp. 10.000,- untuk membeli tiket masuknya.

Sanghyang Tikoro

Sanghyang Tikoro merupakan obyek wisata berupa goa seperti halnya Goa Pawon. Goa yang satu ini memiliki kesan mistis yang begitu kuat. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, sebelum menjadi seperti sekarang ini, dahulunya Bandung adalah sebuah danau, nah secara misterius air danau tersebut menghilang dan danau menjadi Kota Bandung seperti sekarang ini. Menghilangnya air ini dipercara masuk ke dalam Goa Sanghyang Tikoro ini.

Curug Malela

Satu lagi wisata alam Bandung berupa air terjun. Tempat wisata ini disebut Curug Malela. Curug atau air terjun ini memiliki bentuk yang cukup unik. Pada umumnya air terjun memiliki kesan tinggi, namun pada teempat wisata Bandung Lembang yang satu ini malah memiliki lebar yang tidak terlalu terpaut jauh jika dibandingkan tingginya yaitu lebar 50 meter dengan ketinggian 60-70 meter. Cukup unik bukan?  Oleh karena bentuknya yang sedemikian rupa membuat curug ii juga disebut sebagai little Niagara.

Stone Garden Geo Park

Tempat wisata alam Bandung yang satu ini juga tidak kalah unik jika dibandingkan dengan wisata alam lain. Bagaimana tidak, di sini kita akan disuguhi oleh gunung laut dangkal purba, padahal pada saat ini posisi Stone Garden Geo Park berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Wow, dulu terendam air sekarang malah berada di ketinggian. Tempat wisata alam bandung ini terletak di Kecamatan Padalarang, Bandung Barat. Banyak juga yang menyebut tempat ini sebagai Stone Garden Cipatat karena memang letak Kecamatan Cipatat tidak terlalu jauh dengan Padalarang. Untuk memasuki obyek wisata ini, kita cukup mengeluarkan biaya 6000 rupiah dan parkir 3000 s.d. 5000 rupiah.

Baca Juga  Lokasi Taman Langit Batu Malang , Wisata Baru di Gunung Banyak

Situ Lembang

Sesuai dengan namanya, situ Lembang adalah sebuah danau yang berada di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Bandung Barat. Danau ini berada di ketinggian kurang lebih 1.567 meter diatas permukaan laut. Berada di ketinggian membuat suhu Situ Lembang menjadi cukup dingin, yaitu berada di kisaran 15 s.d. 25 derajat celcius. Oleh karena itu sangat cocok jika teman – teman ingin mendinginkan pikiran di sini, karena selain suhunya yang dingin, pemandangan di sini juga sangat indah. Selain sebagai kawasan wisata, lokasi ini juga terkenal di dunia militer terutama TNI Angkatan Darat. Di sini seringkali digunakan oleh prajurit TNI untuk mengadakan latihan militer.

 

Nah, itulan 10 tempat wisata Bandung Lembang yang menarik hati. Semoga bermanfaat bagi teman – teman serta membuka wawasan kita bahwa Indonesia itu luas dan indah, hanya memang sebagian besar belum dioptimalkan potensi wisatanya. Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini, salam Indonesia.

sumber gambar : google