Menikmati Indahnya Pemandangan di Telaga Sarangan Magetan

Posted on

Menikmati Indahnya Pemandangan di Telaga Sarangan Magetan – Berlokasi di perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur membuat Magetan termasuk kabupaten yang strategis. Banyak tempat wisata di sekitarnya. Salah satunya Telaga Sarangan. Bagi yang senang berlibur di daerah yang sunyi dan sejuk, telaga di kaki Gunung Lawu ini bisa menjadi pilihan. Destinasi wisata ini begitu menarik untuk dijadikan rekomendasi liburan. Sebab wisatawan tak hanya menikmati danaunya saja. Melainkan panorama pegunungan yang begitu memanjakan mata.

Selain itu dari segi pembangunan, kawasan seluas 30 hektar ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap. Mulai dari spot kuliner, oleh-oleh, penginapan, hingga berbagai wahana permainan. Meskipun berada di Jawa Timur, kebanyakan pengunjungnya berasal dari Jawa Tengah, khususnya Tawangmangu. Sebab lokasinya lebih mudah diakses dari Jawa Tengah. Nah jika penasaran apa saja hal menarik yang ada di Telaga Sarangan ini, berikut beberapa ulasan wisatanya. 

Wisata Telaga Sarangan Magetan

1. Danau luas di ketinggian

Telaga Sarangan memiliki luas area sekitar 30 hektar. Kedalaman danaunya kurang lebih 28 meter. Lokasinya di kaki Gunung Lawu yang notabene merupakan gunung tertinggi ketiga di perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur. Karena berada di ketinggian, udara di sekitarnya pun sangat sejuk dengan suhu rata-rata 18 derajat celcius. Pemndangan alamnya pun begitu memukau. Lokasinya di ketinggian 1000 mdpl membuatnya memiliki hamparan pohon dan tanaman yang terlihat subur. Anda bisa memanjakan mata sekaligus refreshing sejenak melepas penat.

2. Berbagai wahana untuk keluarga

Wisata alam ini begitu cocok disambangi bersama keluarga. Berbagai wahana seperti naik speedboat, outbond, berkeliling dengan delman bisa kita coba. Jika bingung mencari lokasi liburan terbaik bersama si kecil, anda bisa mencoba berkunjung ke telaga unik ini. Sembari menikmati indahnya danau, anda bisa mengajak buah hati mencoba berbagai macam fasilitas permainan. Selepas lelah mencoba berbagai wahana, anda bisa duduk santai sambil menyantap aneka makanan khas Magetan.

3. Fasilitas dan tiket masuk

Untuk masuk ke Telaga Sarangan, wisatawan mesti membayar tiket seharga 7.500 rupiah untuk dewasa dan 5.000 rupiah untuk anak usia 4-12 tahun. Jika ingin naik speedboat, cukup membayar seharga 40 ribu rupiah untuk satu kali putaran. Selain indahnya telaga dan naik speedboat, anda juga bisa menikmati serunya berkeliling dengan kuda atau delman. Ada juga wisata air terjun di dekat telaga. Untuk musholla, area parkir, toko souvernir sampai rumah makan pun sudah tersedia. Penginapan pun bisa anda pilih sesuai keinginan karena jenisnya sudah banyak di area wisata.

4. Lokasi dan rute

Telaga Sarangan beralamat di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Aksesnya bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jika dari arah pusat kabupaten Magetan, anda bisa melalui jalan Sarangan dengan jarak 18 km. Atau dari Tawangmangu bisa ditempuh melalui Jalan Matesih-Tawangmangu sejauh 18 km. Jika anda datang dari Surabaya, maka ikuti rute dari Kota Surabaya menuju Mojokerto. Kemudian lanjut ke Jombang-Kertosono-Nganjuk-Madiun-Tinap sampai ke Magetan. Dari Magetan lanjut ke Plaosan sampai ke Telaga Sarangan.

Demikian beberapa ulasan mengenai wisata Telaga Sarangan yang merupakan salah satu andalan objek wisata di Magetan. Semoga bermanfaat.